NEWS

Panen April Bisa Capai 5,5 Juta Ton, Bulog Diminta Serap Beras Petani

Stok beras yang dikuasai Bulog saat ini capai 1,4 juta ton.

Panen April Bisa Capai 5,5 Juta Ton, Bulog Diminta Serap Beras PetaniPetani merontokan bulir padi hasil panen raya di Desa Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Minggu (10/4/2022). ANTARA FOTO/Ampelsa/nym.
29 April 2024

Fortune Recap

  • NFA meminta Bulog serap hasil panen petani untuk isi stok CPP
  • Estimasi produksi beras petani April mencapai 5,53 juta ton
  • Arief Prasetyo Adi meninjau gudang Bulog Pegambiran Cirebon dan minta Perpadi bantu pasokan GKG
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) meminta Perum Bulog memaksimalkan serapan hasil panen petani dalam negeri untuk mengisi stok Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi mengatakan, pada April ini estimasi produksi Beras petani mencapai 5,53 juta ton. “Jadi memang saatnya CPP kita terus dikokohkan. Bulog pun telah kita dorong dengan adanya kebijakan fleksibilitas harga gabah dan beras, sehingga dengan itu, kita ingin stok CPP dapat terus diperkuat dari dalam negeri," kata Arief dalam keterangan tertulis, Senin (29/4).

Ia telah meninjau langsung ke Gudang Perum Bulog Pegambiran Cirebon, Jawa Barat pada Minggu (28/4) dan meminta Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi (Perpadi) untuk membantu pasokan Gabah Kering Giling (GKG) kepada Bulog. “Ini merupakan komitmen kita bersama, jadi supaya silo-silo Bulog dapat cepet dipenuhi GKG. Kita simpan sebagai stok di masa mendatang," tuturnya.

Dengan sinergitas yang baik bersama para pelaku usaha perberasan ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah stok di Bulog.

“Bapak Presiden (Joko Widodo) mengarahkan kita agar panen raya ini bisa betul-betul menyerap dengan baik. Sebab ini selaras dengan penugasan pemerintah ke Bulog untuk memenuhi stok CBP,” ungkapnya. 

Related Topics