NEWS

10 Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia, Fantastis!

Pemimpin industri kelapa sawit nasional

10 Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia, Fantastis!ilustrasi perkebunan kelapa sawit (wikimedia commons/wagino 20100516)
07 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Daerah penghasil Kelapa Sawit terbesar di Indonesia menjadi andalan untuk memenuhi jumlah produksi minyak sawit nasional. Tidak dipungkiri bahwa kelapa sawit merupakan salah satu komoditas perkebunan yang mempunyai peran strategis bagi perkembangan ekonomi Indonesia.

Dilansir laman brin.go.id, produksi Crude Palm Oil (CPO) berhasil mencapai angka 40 juta ton per tahun. Sebagian besar hasil produksi banyak berhasil dari pulau Sumatera dan Kalimantan. 

Dengan hasil produksi tersebut, Indonesia berhasil meraih predikat sebagai salah satu produsen kelapa sawit terbesar di dunia. Berikut beberapa daftar daerah yang menjadi penyumbang produksi kelapa sawit terbesar dengan jumlah lahan terluas.

1. Riau

Dikenal dengan julukan Bumi Lancang Kuning, Riau merupakan daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia. Dilansir dari Statistik Indonesia 2024 yang disusun Badan Pusat Statistik (BPS), produksi kelapa sawit sukses mencapai angka 8,7 juta ton pada tahun 2023

Rupanya, Riau memang dikenal sebagai produsen kelapa sawit terbesar di Indonesia. Bahkan, lahan perkebunan sawitnya ada seluas 2,8 juta hektare. Maka dari itu, volume produksinya bisa mencapai jutaan ton.

Untuk perkebunan kelapa sawit, sebagian besar dikelola oleh perusahaan negara, perusahaan swasta, dan petani sawit. 

PT Perkebunan Nusantara IV menjadi pengelola kebun sawit di Riau yang dimiliki negara. PT Sinar Mas Agro Resources and Technology dan PT Sawit Riau Makmur menjadi beberapa perusahaan swasta yang memiliki area perkebunan kelapa sawit di Riau.

2. Kalimantan Tengah

Tidak hanya pulau Sumatera, pulau Kalimantan juga tercatat menjadi daerah produksi kelapa sawit terbesar di Indonesia. Salah satunya adalah Kalimantan Tengah. Di tahun 2023, Kalimantan Tengah mampu memproduksi kelapa sawit sebanyak 8.5 juta ton.

Hanya selisih sedikit dari Riau, Kalimantan Tengah berhasil menempati posisi kedua dalam daftar ini. Untuk urusan luas perkebunan, total ada 2,1 juta hektare lahan yang dialokasi sebagai perkebunan kelapa sawit.

Dilansir laman mmc.kalteng.go.id, harga CPO periode II bulan Maret 2024 mengalami kenaikan pada periode I bulan April. Kenaikan yang terjadi berhasil mencapai angka Rp13.032 (per kilogram+PPN).

Related Topics