Comscore Tracker

Profil Muhammad Fajrin Rasyid | Fortune Indonesia 40 Under 40

Muhammad Fajrin Rasyid

Muhammad Fajrin Rasyid

Direktur Digital Business Telkom Indonesia

Quick Fact
Muhammad Fajrin Rasyid
Education:
Quotes: Tetap rendah hati untuk selalu belajar.

Berpengalaman di bidang teknologi digital dan berperan menumbuhkan perusahaan rintisan Bukalapak hingga menyandang status unicorn, mengantar Muhammad Fajrin Rasyid (35) ke kursi Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) sejak tahun 2020.

Sebagai salah satu direksi termuda di jajaran perusahaan pelat merah, kiprahnya banyak dinanti. Kepemimpinannya diuji khususnya dalam membawa terobosan dan kebijakan strategis yang mendorong bisnis digital Telkom makin berkibar. 

Kepada Fortune Indonesia, Fajrin mengatakan, Telkom memiliki tujuan mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing serta memberikan nilai tambah yang terbaik bagi para pemangku kepentingan.

“Ini sejalan dengan prinsip saya karena salah satu pemangku kepentingan adalah bangsa dan masyarakat Indonesia,” ujar pria yang lulus dengan predikat Summa Cum Laude dari Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Namanya mulai banyak dikenal saat ia bersama kedua rekannya, Ahmad Zaky dan Nugroho Herucahyono, mendirikan Bukalapak pada 2010. Fajrin pernah menduduki sejumlah jabatan di Bukalapak, mulai Chief Financial Officer (CFO), hingga Presiden Bukalapak yang bertanggung jawab atas rencana jangka panjang perusahaan. Bukalapak pun jadi salah satu unicorn dan mencatatkan saham perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia.

Fajrin selalu berupaya profesional dalam setiap pijakan kariernya. Ada hal yang selalu ia jaga dalam bekerja. “Kerjakan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya dan sedapat mungkin di atas standar yang diharapkan. Go the extra mile!. Kedua, tetap rendah hati untuk selalu belajar,” katanya.