Comscore Tracker

Profil Rich Brian | Fortune Indonesia 40 Under 40

Rich Brian

Rich Brian

Musisi

Quick Fact
Rich Brian
Education:
Quotes:

Berawal dari video musik YouTube yang viral, kini Rich Brian (22) termasuk salah satu rapper kenamaan di kancah internasional. Siapa sangka jika pria itu kini mampu membawa Indonesia mendunia lewat musik hip-hop?

Bernama asli Brian Immanuel Soewarno, bungsu dari tiga bersaudara itu bermimpi menaklukkan Negeri Paman Sam saat berusia 12 tahun. Awalnya, Brian tak berambisi jadi musisi—karena akar mula mimpinya adalah sinematografi.

Pintu menuju mimpinya perlahan terbuka saat video musik Dat $tick (2016) miliknya viral di dunia maya. Lagu itu sukses menembus tangga lagu Bubbling Under R&B/Hip-Hop Singles dan menduduki posisi keempat.

Momentum itu berhasil menerbangkan Brian ke Amerika Serikat. Label musik 88Rising meliriknya. Keturunan Manado-Tionghoa itu konser dari satu negara bagian ke negara bagian lain pada 2017, hingga tur keliling Eropa dan Asia.

Album debutnya, Amen (2018) berhasil membawanya jadi musisi Asia pertama yang merajai tangga lagu hip-hop iTunes, bahkan peringkat 18 Billboard 200 AS.

Brian semakin bersinar. Dia terlibat langsung dalam album pengiring film produksi Marvel Studio, Sang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021) bersama sejumlah artis lain. Ia juga berkontribusi dalam lima dari 18 lagu di album itu. Run It (2021) menjadi yang terpopuler, dengan 27,12 juta pendengar di Spotify per awal Februari 2022.

Mengawali 2022, penyuka lagu Sheila on 7 itu baru saja merilis EP bertajuk Brightside (2022) berisi empat lagu: New Tooth, Lagoon, Getcho Mans (feat. Warren Hue), dan Sunny.