Comscore Tracker
BUSINESS

Memahami Pengertian Faktur Penjualan dan Fungsinya dalam Bisnis

Software akuntansi digunakan untuk membuat faktur penjualan.

Memahami Pengertian Faktur Penjualan dan Fungsinya dalam Bisnisilustrasi kerjasama (unsplash.com/Cytonn Photography)

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Ada banyak sekali jenis bukti transaksi salah satunya adalah faktur penjualan. Sales invoice atau faktur penjualan adalah merupakan alat bukti yang diterima seorang pembeli dari seorang penjual barang ataupun jasa. 

Dalam proses transaksi, faktur penjualan akan diterima oleh si pembeli apabila produk yang dipesan telah tiba di tempat tujuan. Namun, ada pula yang mengirim fakturnya saat awal transaksi, bergantung pada kesepakatan yang telah disepakati.

Faktur penjualan dapat sebagai bukti fisik dalam setiap transaksi seperti halnya nota dan menjadi menjadi dokumen penting yang dapat disimpan, baik oleh konsumen maupun perusahaan untuk dijadikan record telah melakukan suatu transaksi. Faktur penjualan tunai yang biasanya kita bisa lihat dan dapatkan melalui format spreadsheet dan format excel.

Bagi para akuntan, bukti transaksi seperti faktur penjualan tersebut sangat penting untuk melakukan pencatatan dan pembukuan untuk perusahaan mereka. Dirangkum dari Jubelio.com, Senin (22/8) berikut fungsi faktur penjualan dan kegunaanya dalam sebuah bisnis.

Fungsi faktur penjualan

Faktur penjualan memiliki fungsi-fungsi yang sangat baik dalam hal perpajakan ataupun dalam hal pembukuan. Berikut beberapa fungsi faktur penjualan.

  1. Sebagai bukti transaksi dalam penyusunan laporan keuangan
  2. Bukti transaksi dalam melakukan pelaporan pajak
  3. Informasi mengenai Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan Barang/Jasa Kena Pajak (BKP/JKP)
  4. Informasi jadwal tenggat pembayaran yang harus diselesaikan yang sangat penting dalam manajemen keuangan perusahaan
  5. Bukti Pemesanan jika terjadi kesalahan pengiriman barang pesanan
  6. Dokumen rujukan yang diperuntukkan penjualan kembali barang atau jasa

Di perusahaan khususnya bagian penjualan sudah tentu selalu mencetak atau mengirim faktur penjualan. Namun, kini faktur penjualan sudah didigitalisasi untuk memudahkan perusahaan. 

Banyak perusahaan yang menggunakan software akuntansi terpadu untuk membuat faktur penjualan. Selain itu, meskipun sudah menyiapkan faktur dengan bentuk yang baku, tetapi tetap dapat diubah sesuai sesuai dengan keperluan perusahaan. Demikian penjelasan mengenai faktur penjualan dan fungsinya, semoga bermanfaat untuk Anda.

Related Topics

Related Articles