Comscore Tracker
BUSINESS

Pertama di Indonesia, Asuransi Astra Luncurkan E-appointment

Memudahkan proses rawat jalan dan klaim di rumah sakit.

Pertama di Indonesia, Asuransi Astra Luncurkan E-appointmentGarda Medika dari Asuransi Astra/Dok. Asuransi Astra

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Garda Medika, produk asuransi kesehatan  untuk segmen korporasi dari Asuransi Astra,  kembali berinovasi demi mengoptimalkan layanannya. Secara eksklusif, Garda Medika memperkenalkan fitur terbaru dalam Garda Mobile Medcare, yaitu fitur E-appointment.

Inovasi terbaru ini dapat menjadi solusi bagi para pelanggan dalam membuat appointment atau perjanjian pendaftaran rawat jalan di rumah sakit tanpa perlu mengantre pada konter rawat jalan, hingga proses pembayaran dan penebusan obat yang dapat dilakukan secara cashless

Operational Director Asuransi Astra, Hendry Yoga menyampaikan, kesehatan adalah hal utama yang perlu dijaga dan ditangani dengan cepat serta tepat. 

"Kami berkomitmen untuk mengoptimalkannya bagi para pelanggan, memberikan pengalaman berkesan sehingga dapat menikmati benefit dari asuransi kesehatan Garda Medika," katanya, siaran pers pada Selasa (22/11).

Dalam peluncuran perdana ini, Garda Medika menggandeng Mitra Keluarga Group yang memiliki total 18 rumah sakit di Indonesia sebagai mitra pertama yang dapat melayani para pelanggan melalui E-appointment.

Fitur E-appointment

Fitur E-appointment memberikan kemudahan bagi para pelanggan Garda Medika dalam membuat appointment secara online melalui aplikasi Garda Mobile Medcare.

Tanpa perlu melewati tahapan manual di rumah sakit, para pelanggan dapat mendaftarkan diri di aplikasi Garda Mobile Medcare sebelum kedatangan dan mendapatkan kode booking serta nomor urut dokter yang kemudian dapat di scan secara mandiri melalui kiosk mandiri yang telah tersedia di jaringan rumah sakit Mitra Keluarga. 

Selanjutnya, pelanggan dapat secara langsung menuju ruangan dokter untuk melakukan konsultasi tanpa harus mengantre di counter rawat jalan.

Selain fitur E-appointment, fitur-fitur kemudahan dan kenyamanan lainnya untuk pelanggan Garda Medika dihadirkan, seperti E-claim hingga E-consultation. Garda Medika juga memfasilitasi rawat jalan ataupun rawat inap dengan portal penjaminan Garda Medika Akses.

Pelanggan Garda Medika bisa menunjukkan e-card pada Garda Mobile Medcare dan dapat secara langsung menjalani proses rawat jalan dan rawat inap hingga penebusan obat secara cashless. Fasilitas ini menjangkau lebih dari 3.000 jaringan provider rumah sakit dan klinik yang bersinergi dengan Garda Medika yang tersebar di Indonesia. 

Dilakukan secara nontunai

Selain itu, seluruh proses E-appointment ini dapat dilakukan dengan nontunai atau cashless, di mana secara otomatis memotong limit benefit rawat jalan pelanggan Garda Medika. 

Bagi pelanggan yang limit benefitnya telah habis tanpa perlu khawatir tetap dapat menggunakan fitur E-appointment dengan berbagai metode pembayaran seperti transfer dan dompet digital.

Melalui terobosan inovatif ini, Asuransi Astra menjadi perusahaan asuransi umum pertama yang memiliki layanan integrasi appointment secara online yang dilengkapi dengan proses cashless di jaringan rumah sakit Garda Medika. 

"Kehadiran fitur E-appointment ini tentu akan memberikan kemudahan layanan bagi para pelanggan, sehingga dapat merasakan proses klaim rawat jalan cashless yang lebih cepat dan seamless tanpa perlu mengantre,” kata Hendry Yoga

Fitur ini diharapkan dapat dengan cepat tersedia di seluruh jaringan rumah sakit lainnya agar dapat memberikan peace of mind bagi para pelanggan Garda Medika dalam memberikan layanan untuk kesehatan.

Hendry optimistis peluncuran  fitur E-appointment dapat memudahkan para pasien, khususnya pelanggan Garda Medika dalam memenuhi seluruh kebutuhan kesehatannya. Selain itu,  merupakan peluang besar untuk memperkuat kerja sama antara Mitra Keluarga dan Garda Medika.

"Kami percaya kolaborasi dengan Garda Medika ini dapat menjadi langkah penguatan kapabilitas dan penggabungan keunggulan kedua belah pihak agar masyarakat Indonesia dapat memperoleh layanan kesehatan dengan cara yang lebih mudah dan nyaman,” ujarnya.

Related Articles