Comscore Tracker
BUSINESS

Langkah Strategis Smartfren Gandeng Vidio Tambah Portofolio Bisnis

Smartfren makin agresif dalam bisnis digital dan teknologi.

Langkah Strategis Smartfren Gandeng Vidio Tambah Portofolio BisnisAplikasi MySmartfren

by Anastasia Desire

Jakarta, FORTUNE - Dorongan untuk go digital semakin terakselerasi ketika pandemik melanda. Bukan cuma digitalisasi, teknologi pun kini menjadi kunci untuk bertahan di masa depan.

Melihat situasi saat ini, untuk mempercepat transformasi teknologi dan digital dibutuhkan banyak inisiatif kolaborasi. Hal itu pun kini masif dilakukan untuk memberikan solusi dan mempermudah masyarakat. 

Langkah ini pun ditempuh PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) yang agresif melakukan aksi korporasi akhir-akhir ini. Smartfren sendiri telah memperkuat ekosistem digitalnya untuk mendukung pengembangan ekonomi digital yang sangat pesat. 

Bukan hanya itu, Smartfren juga mengembangkan teknologi saat ini yang menjadi tren utama. Wujud konkretnya, Smartfren menggandeng Vidio, platform lokal Over-The-Top (OTT) nomor 1 di Indonesia, untuk bekerja sama sebagai mitra strategis.

Direktur Smartfren, Antony Susilo, mengatakan kerja sama ini bersifat strategis dan berpeluang mendongkrak pengguna Smartfren yang sampai akhir 2021 telah mencapai 34,3 juta pelanggan.

“Layanan streaming sendiri merupakan salah satu fitur yang digemari pengguna kami, dan pendongkrak traffic. Di grup Sinar Mas sendiri selain Smartfren, kerja sama dengan Vidio sebagai content provider akan menambah portofolio ekosistem digital kami,” ujar Antony.

Kemitraan strategis Smartfren dan Vidio diharapkan dapat meningkatkan kinerja kedua belah pihak, baik melalui kolaborasi paket data, maupun berbagai interaksi antar platform digital. Smartfren dan Vidio sepakat untuk menjadi most-preferred partner masing-masing.

Kolaborasi ini mencakup promosi bersama (joint promotion), termasuk pemberian insentif kepada pelanggan, seperti pemberian voucher atau paket hard-bundling dan soft-bundling dengan harga yang paling kompetitif. Paket hard bundling sendiri dinilai akan menguatkan Smartfren sekaligus memberikan benefit untuk para pelanggannya. Adapun kolaborasi ini pun diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan pelanggan baru bagi Smartfren dan Vidio, sekaligus menjaga loyalitas pelanggan saat ini.

Dalam usaha untuk melakukan inovasi berkelanjutan dan pengembangan ekosistem digital, Smartfren aktif memperluas jaringan, menyediakan berbagai pilihan paket, serta melakukan investasi dan kolaborasi strategis dengan berbagai perusahaan teknologi terkemuka.

Selain menjadi pioneer dalam pengembangan teknologi 5G di Indonesia, Smartfren juga berkomitmen untuk memberikan layanan yang komprehensif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan harga yang kompetitif.

Sebagai bukti dari kinerja Smartfren yang terus meningkat, pada bulan Februari 2022, Smartfren memenangkan penghargaan Global Rising Stars (most improved) dari Opensignal Global Awards 2022 untuk kategori video experience, games experience, voice app experience, download speed experience, dan upload speed experience.

Upaya Smartfren menangkap peluang bisnis saat ini dinilai akan memberikan nilai tambah bagi pelanggan, di samping memperkuat ekosistem digital dengan konsep one-stop service. 

Smartfren memperkuat kolaborasi melalui investasi strategis

Kolaborasi bisnis antara Smartfren dengan Vidio merupakan rangkaian kerja sama strategis sebagai bagian dari putaran pendanaan pada Vidio. Hasilnya adalah beragam paket-paket tontonan yang fleksibel dan terjangkau sesuai kebutuhan pelanggan, seperti tontonan pertandingan olahraga, film, drama Korea, anime, kartun, hingga original series yang lengkap.

Seperti kita ketahui, OTT sedang mengalami pertumbuhan pesat di Indonesia saat pandemi ini lewat pergeseran tren dan fokus industri hiburan dari linear channel. Dengan demikian, melalui kerja sama antara Vidio dan Smartfren, Vidio dapat terus menghadirkan konten-konten premium terbaik serta meningkatkan fitur dan kualitas platform, sementara Smartfren memfasilitasinya untuk mempromosikan konten-konten tersebut lewat paket-paket eksklusif yang ditawarkan bagi banyak pelanggannya. Vidio pun mengklaim dapat menayangkan seluruh liga sepak bola besar dunia yang bisa dinikmati oleh pengguna Smartfren, dengan harga yang paling kompetitif.

Menjadi produk layanan paling kompetitif

Belum lama sukses menaikkan pendapatan usaha 11,30 persen dan membukukan Rp2,67 triliun pada kuartal pertama dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, serta berhasil mengalami kenaikan subscriber terbanyak, Smartfren mengambil langkah strategis melalui kolaborasi dengan Vidio.

Dengan kolaborasi strategis dengan Vidio, Smartfren disinyalir akan memiliki produk layanan streaming paling kompetitif. Smartfren juga dapat ikut mendorong pertumbuhan dan memperkuat posisi Vidio sebagai platform OTT terkemuka di Indonesia. Momen itu pun dapat dimanfaatkan keduanya supaya masyarakat Indonesia dapat merasakan manfaat dari perkembangan teknologi digital.

Untuk diketahui, berdasarkan laporan dari Media Partner Asia, Vidio menjadi platform OTT posisi teratas berdasarkan pengguna aktif bulanan (monthly active user/MAU) dan total durasi menit streaming (minute streamed) pada kuartal I 2022. Vidio pun terus menambah katalog kontennya di bidang olahraga dan diklaim sebagai terlengkap di Indonesia. 

Selain kolaborasi dengan Vidio, Smartfren juga bekerja sama dengan beberapa platform video-on-demand OTT lainnya, antara lain Netflix, GoPlay, Genflix, Sushiroll, Klik Film, Viu, dan Vision+. Smartfren optimistis bahwa dengan kerja sama dengan berbagai platform OTT tersebut, Smartfren dapat menyediakan ragam layanan yang ekstensif bagi masyarakat Indonesia yang heterogen. 

Terlebih lagi, berkembangnya Smartfren dari penyedia jaringan telekomunikasi menjadi perusahaan teknologi akan memperluas potensi kerja sama strategis Smartfren dengan berbagai platform-platform OTT, baik yang telah ada maupun yang memiliki potensi kerja sama di masa depan. 

Smartfren yakin bahwa dengan inovasi berkelanjutan yang didukung dengan berbagai kolaborasi strategis, Smartfren dapat mengalami pertumbuhan jumlah subscriber yang signifikan, sehingga dapat meningkatkan Average Revenue Per User (ARPU) dan pendapatan usaha Smartfren, yang menjadi nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dan pemegang saham Smartfren. (WEB)

Related Articles