Comscore Tracker

Profil Darmawan Junaidi | Fortune Indonesia Businessperson Of The Year

Darmawan Junaidi

Darmawan Junaidi

Direktur Utama Bank Mandiri

Quick Fact
Darmawan Junaidi
Education: Sarjana Hukum, Universitas Sriwijaya
Quotes: “Kesempatan belajar itu yang saya dapat, karena saya tidak hitung-hitungan. Buat saya, belajar, dapat ilmu. Jadi saya tidak peduli pulang larut malam, bahkan pagi pada akhir bulan,”

Jakarta,FORTUNE- Hampir separuh usia Darmawan Junaidi didedikasikan untuk Bank Mandiri. Ia mencicipi sejumlah jabatan dengan spesialisasi pengelolaan aset atau treasury

Sebelum berkarier di dunia perbankan, dia sempat menjadi junior lawyer di sebuah firma hukum di Jakarta. Namun, idealismenya mengarahkan ia untuk mendaftar di Bank Bumi Daya (BBD) yang menjadi cikal bakal Bank Mandiri. Niatnya sederhana: ia hanya ingin mencari beasiswa dan pelatihan pendidikan mengenai sektor keuangan—hingga berkesempatan keluar negeri. Darmawan pun diterima di bagian unit credit recovery BBD pada 1991. Tugas utamanya tentu mengurusi kredit macet sejumlah nasabah. 

“Kesempatan belajar itu yang saya dapat, karena saya tidak hitung-hitungan. Buat saya, belajar, dapat ilmu. Jadi saya tidak peduli pulang larut malam, bahkan pagi pada akhir bulan,” ungkap Darmawan. “Saya pernah mendapat nasihat, lebih bagus kamu kurang tidur ketika masih muda daripada kamu sudah tua masih kurang tidur.” 

Dirinya menceritakan dengan detail dan sangat antusias kepada Fortune Indonesia mengenai awal kariernya tersebut. Di tengah perjalanan karier bankirnya di Head of Treasury Group, Darmawan juga sempat ditugaskan menjadi direktur keuangan di Semen Indonesia pada Mei 2016. 

“Saya dipikir (akan) jadi direktur SDM dan hukum. Banyak yang tanya background saya apa? Saya mau bilang sarjana hukum tapi terlalu panjang menjelaskannya. Akhirnya saya bilang background saya bank,” cerita Darmawan. 

Ketika sedang menikmati karier di perusahaan semen, dia kembali mendapat arahan dari Menteri BUMN saat itu (2017) Rini Soemarno untuk kembali ke Bank Mandiri. Mandat tersebut nyatanya permintaan khusus dari Dirut Bank Mandiri saat itu, Kartika Wirjoatmodjo. Hingga pada Oktober 2020 saat pandemi memukul perekonomian, Darmawan ditunjuk jadi Direktur Utama Bank Mandiri.

Lantas seperti apa perjalanan karier dari Sang Darmawan, dan bagaimana kiat sukses dan strateginya memimpin Bank Mandiri?

Cerita selengkapnya bisa Anda baca pada Majalah Fortune Indonesia edisi Oktober 2022 dan simak kisah menarik dari Businessperson of the Year 2022 lainnya. https://www.tokopedia.com/majalahfortuneidn