Comscore Tracker
FINANCE

Mengenal Apa Itu NPWP, Manfaat dan Cara Membuatnya

NPWP penting dimiliki oleh setiap wajib pajak.

Mengenal Apa Itu NPWP, Manfaat dan Cara MembuatnyaIlustrasi Pajak Penghasilan. (ShutterStock/mozakim)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – NPWP adalah nomor tanda wajib pajak sebagai identitas dalam rangka memenuhi hak dan kewajiban perpajakan. Istilah NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) mungkin sudah tidak asing lagi didengar.  Kartu ini wajib dimiliki oleh Warga Negara Indonesia yang telah memiliki penghasilan sendiri, melebihi penghasilan tidak kena pajak (PTKP).

Namun apa saja fungsi dan kegunaannya? lalu, bagaimana mendapatkannya? Untuk itu, Fortune Indonesia mencoba mengulas lebih jauh mengenai NPWP, seperti dikutip dari beberapa sumber. 

Pengertian NPWP

Sesuai namanya, NPWP adalah nomor tanda wajib pajak sebagai identitas dalam rangka memenuhi hak dan kewajiban perpajakan. Pasal 1 Nomor 6 Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2007 menyebutkan, NPWP merupakan identitas atau tanda pengenal bagi Wajib Pajak yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan. Setiap Wajib Pajak hanya memiliki satu NPWP.

NPWP terdiri dari 15 digit. Yang mana, 9 digit pertama merupakan kode wajib pajak dan tiga digit berikutnya merupakan kode administrasi kantor wajib pajak terdaftar. Sedangkan 3 digit terakhir adalah kode status wajib pajak (pusat atau cabang).

Jenis-jenis NPWP

Terdapat 2 jenis NPWP, yakni NPWP pribadi dan badan usaha. Penjelasan tentang keduanya adalah sebagai berikut: 

NPWP Pribadi adalah NPWP yang dimiliki secara individu yang memiliki penghasilan di Indonesia. Individu yang masuk ke daftar NPWP pribadi, adalah mereka yang memiliki penghasilan dari pekerjaan, pekerjaan bebas atau dari usaha.

Sedangakan, NPWP Badan merupakan NPWP yang dimiliki oleh setiap perusahaan atau badan usaha yang memperoleh penghasilan di Indonesia. Perusahaan yang masuk ke dalam daftar NPWP bisa badan milik pemerintah maupun milik swasta.

Manfaat NPWP

Seperti halnya Nomor Induk Kependudukan KTP, NPWP juga memiliki sejumlah manfaat bagi setiap wajib pajak. Oleh karena itu, oleh sebab itu NPWP wajib dimiliki setiap wajib pajak. Secara umum, kepemilikan kartu NPWP merupakan bukti bahwa kita adalah seorang wajib pajak yang terdaftar secara resmi di dokumen negara.

Adapun manfaatnya, NPWP dapat mempermudah urusan perpajakan. Hal ini terkait langsung dengan kemudahan pengurusan segala bentuk administrasi yang butuh dokumen pajak kita. Contohnya, pengurusan restitusi pajak, pengajuan dan pembayaran pajak, termasuk menghindarkan diri dari denda pajak.

Manfaat berikutnya adalah mempermudah persyaratan administrasi. Sebagai contoh, misalnya dalam hal pengurusan administrasi bank, pengajuan kredit, pembuatan paspor, membuat izin usaha, maupun syarat pencairan dana dari negara.

Cara membuat NPWP online

Bila sudah mengetahui pengertian, jenis, dan manfaat dari kepemilikan NPWP. Maka, para wajib pajak yang belum memiliki NPWP sebaiknya segera membuat NPWP. Tidak perlu khawatir,  pembuatan NPWP saat ini  semakin mudah karena dapat dilakukan secara online. Berikut ini adalah beberapa tahapannya.

  • Membuka halaman ereg.pajak.go.id
  • Klik ‘daftar’ pada menu
  • Isikan alamat email aktif dan buat kata sandi
  • Anda akan menerima link aktivasi akun melalui email yang terdaftar
  • Ikuti panduan yang dijelaskan melalui email masuk
  • Setelah akun teraktivasi, coba untuk melakukan log-in kembali pada akun. Masukkan email dan kata sandi yang telah diisikan di awal pendaftaran akun
  • Anda akan masuk ke halaman registrasi. Isi data diri yang tersedia secara lengkap, benar, dan teliti.
  • Setelah sudah yakin pada data diri yang diisikan, lanjut klik ‘daftar’. Formulir pendaftaran Anda akan dikirim ke kantor pajak
  • Apabila kantor pajak telah menerima dan memproses pengajuan pembuatan NPWP, maka akan muncul status pendaftaran pada halaman utama situs ereg.pajak.go.id
  • Anda wajib memilih kirim token, kemudian mengisi captcha, lalu pilih submit
  • Anda akan dikonfirmasi dan dikirimkan token melalui email
  • Salin token yang diterima dari email
  • Buka menu token pada situs utama, tempel token yang telah disalin, lalu Anda akan memperoleh kode unik sebagai syarat pengajuan
  • Apabila pengajuan pendaftaran NPWP disetujui, maka NPWP dapat diambil melalui kantor pajak terdekat atau dikirimkan ke alamat wajib pajak melalui pos

Related Articles