FINANCE

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu agar Tidak Mudah Tertipu

Begini 6 cara bedakan emas asli dan palsu

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu agar Tidak Mudah TertipuPixfiction/Shutterstock

by Tubagus Imam Satrio

Orang masih bingung untuk memahami cara membedakan emas asli dan palsu. Emas sudah ada sejak 4000 tahun sebelum Masehi. Terbukti dengan ditemukannya fosil manusia yang mengenakan kalung emas di lehernya. Diperkirakan manusia tersebut hidup pada zaman batu.

Cara membedakan emas asli dan palsu sebelum membelinya

Sebelum memutuskan untuk membeli emas penting untuk mengetahui terlebih dahulu mana emas asli dan palsu. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi agar tidak tertipu dengan oknum yang tidak bertanggung jawab. Daripada bingung simak pembahasan singkat di bawah ini.

1. Menggosok Emas Menggunakan Jari

Ketika membeli sebuah emas gosok permukaan menggunakan jari. Tujuannya untuk memastikan apakah asli atau palsu. Apabila sesudah digosok warnanya berubah dapat dipastikan bahwa emas tersebut palsu.

Emas asli tidak akan berubah warna jika digosok menggunakan jari atau benda lain. Meskipun dibakar pada suhu rendah benda ini tidak akan mengalami perubahan warna. Dikarenakan memiliki warna yang solid bukan hanya lapisan luarnya.

2. Menggigit Emas

Untuk mengetahui apakah emas asli atau palsu dapat dilakukan dengan cara menggigitnya. Memang teknik ini terdengar unik. Tetapi terbukti dapat digunakan untuk mengetahui keaslian logam lunak ini.

Apabila digigit tidak menimbulkan bekas dan teksturnya keras dapat dipastikan bahwa itu palsu. Namun teknik ini hanya dapat digunakan untuk mengecek keaslian pada emas batangan, koin dan kepingan. Perlu diketahui bahwa semakin tinggi kadar karatnya tekstur emas akan semakin lembut.

3. Dekatkan Emas Dengan Magnet

Emas termasuk jenis logam mulia yang tidak dapat di tarik oleh magnet. Maka dari itu untuk mengecek keaslian dapat dilakukan dengan cara mendekatkannya dengan magnet. Jika magnet mampu menariknya dapat dipastikan bahwa itu emas palsu.

Cara ini dianggap kurang efektif untuk mengetahui 100 persen keasliannya. Disebabkan banyak jenis logam yang memiliki sifat non magnetik. Oleh karena itu sebaiknya gunakan cara yang lain.

4. Menggoreskan Emas pada Kertas atau Keramik

Emas asli tidak akan meninggalkan jejak atau bekas ketika digosokkan pada kertas/keramik. Sedangkan pada jenis logam lainnya akan meninggalkan bekas. Perlu diketahui cara ini juga berlaku untuk mengecek keaslian tembaga.

Risiko teknik ini adalah kerusakan pada permukaan emas. Namun, jika Anda tetap ingin menggunakan cara ini, lakukan secara hati-hati. Cara ini terbukti cukup ampuh.

5. Menggunakan Cairan Asam

Mengecek emas asli atau tidak dapat dilakukan dengan cara yang lebih profesional, yaitu menggunakan cairan asam. Cukup teteskan asam nitrat ke permukaan emas. Apabila setelah diteteskan cairan asam emas berubah warna menjadi hijau maka dapat dipastikan bahwa itu palsu.

Asam nitrat juga bisa merubah warna permukaan emas berdasarkan bahan pelapis yang digunakan. Apabila warnanya berubah menjadi putih susu setelah diteteskan cairan asam berarti emas tersebut dilapisi perak. Jika anda ingin mengetahui perhiasan mana yang asli atau tidak dapat menggunakan cara ini.

6. Melihat Teliti Sertifikat Emas

Selain digunakan untuk mendukung keaslian emas. Sertifikat ini juga dapat digunakan untuk mengetahui mana emas putih yang asli dan palsu. Caranya letakkan sertifikat emas di bawah sinar ultraviolet.

Apabila sertifikat itu asli akan ada garis minor yang berwarna warni seperti yang terdapat pada uang kertas. Pada sertifikat emas yang asli akan terdapat blok berwarna hijau disetiap deskripsi. Sekarang sudah paham, kan?

Jenis-jenis emas di Indonesia

Mengapa emas disebut dengan logam mulia? Banyak orang yang menjuluki benda ini dengan sebutan logam mulia. Hal tersebut disebabkan karena emas memiliki sifat tidak mudah mengalami korosi, tidak terpengaruh oleh kondisi lingkungan sekitar. 

Emas juga memiliki harga jual yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan logam lainnya seperti tembaga, platina dan perak. Lantas seperti apa jenisnya?

1. Emas Granule

Maklum jika masih banyak orang yang tidak mengenal emas jenis ini. Produknya yang masih jarang ditemui di pasar Indonesia menjadi penyebabnya. Emas jenis ini memiliki bentuk serbuk yang cocok untuk para perajin.

Biasanya para perajin akan mengolahnya menjadi produk turunan yang dicampur emas. Nantinya perhiasan atau produk yang dihasilkan memiliki kadar emas yang rendah. Oleh karena itu, harga jualnya juga terjangkau.

2. Emas Batangan

Berbeda dengan perhiasan yang memiliki kadar emas rendah, emas batangan berkadar 24 karat. Jenis emas ini cocok dijadikan investasi karena harga yang terus mengalami peningkatan.

Ukurannya pun bervariasi mulai dari 1 gram, 2,5 gram, 5 gram dan lebih dari 10 gram. Kepemilikan emas jenis ini bersifat umum. Artinya tidak harus dimiliki kaum hawa tetapi bisa juga untuk laki laki.

3. Emas Online

Perdagangan emas secara online memang sudah ada di Indonesia. Ketika membeli emas secara online maka akan mendapatkan produk virtual. Akan tetapi produk emas online tersebut tetap dapat digunakan untuk investasi.

Keuntungan yang didapat saat investasi emas online yaitu tidak perlu khawatir akan kerusakan dan kehilangan barang karena disimpan di tempat yang telah memiliki tingkat keamanan tinggi. Apakah Anda tertarik untuk berinvestasi emas online?

Berinvestasi emas memang sangat menjanjikan karena setiap tahun harganya selalu mengalami peningkatan, sehingga tidak perlu khawatir akan kerugiannya. Akan tetapi, sebelum memulai berinvestasi Anda harus tahu akan tujuan ke depan. 

Itulah pembahasan singkat cara membedakan emas asli dan palsu yang harus diketahui agar tidak tertipu.

Related Topics

Related Articles