Comscore Tracker
LUXURY

Satu Vespa Sejuta Saudara di Indonesia Vespa World Days 2022

VWD pertama di luar Eropa dorong pariwisata Bali.

Satu Vespa Sejuta Saudara di Indonesia Vespa World Days 2022Vespa World Days (VWD) 2022 digelar pada 9-12 Juni 2022 di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali./Dok. PT PIAGGIO INDONESIA

by Desy Yuliastuti

Bali, FORTUNE - Setelah dua tahun tertunda akibat pandemi Covid-19, Indonesia Vespa World Days (VWD) 2022 sukses digelar pada 9-12 Juni 2022 di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali. VWD 2022 menjadi yang terbesar sepanjang sejarah karena memiliki beragam rangkaian dan diikuti sekitar 8.600 orang peserta dari berbagai negara. Perhelatan ini juga merupakan penyelenggaraan Vespa World Days pertama kalinya yang diselenggarakan di luar benua Eropa sejak bergulir pada 1954 silam.

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi persahabatan dan persaudaraan erat dari berbagai komunitas Vespa di Indonesia dan dunia bertemu Vespa World Days 2022 Bali. Dia juga menyoroti slogan anak Vespa, yaitu Satu Vespa Sejuta Saudara. Menurutnya, anak-anak Vespa terkenal dengan solidaritasnya. Di jalanan, para pencinta Vespa akan saling menegur dan membantu jika kesusahan.

"Saya senang bisa bertemu penggemar Vespa dari seluruh dunia. Saya juga tentu senang sekali dengan slogan 'Satu Vespa, Sejuta Saudara'. Menurut saya, ini luar biasa, membuktikan jangan pernah mempertanyakan lagi atau mengubah Indonesia yang kita kenal" katanya, saat membuka VWD 2022, dikutip dari ANTARA, Senin (13/6).

"Motornya sama-sama Vespa, tapi yang naik berbeda suku, agama, bahkan bangsa. Ini adalah bagaimana kita menghormati persaudaraan," ujarnya, menambahkan.

Momentum kebangkitan pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan "Vespa World Days (VWD) 2022" yang tidak hanya dihadiri ribuan penggemar Vespa dari dalam dan luar negeri tapi juga menjadi atraksi menarik bagi wisatawan dan masyarakat di Bali. 

"Saya sangat antusias dan mengapresiasi acara ini yang terbukti memecahkan rekor (kehadiran) peserta dan memberikan dampak yang besar terhadap kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air. Ini mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat hadir di acara "Vespa World Day 2022", Minggu (12/6), dikutip dari laman resmi Kemenparekraf.

"Vespa World Days 2022" berlangsung mulai 9 hingga 12 Juni 2022 dan dipusatkan di Peninsula Island, Nusa Dua, Bali. Selama empat hari itu pula banyak Vespitis dengan menggunakan berbagai tipe Vespa berkeliling Bali yang menarik perhatian masyarakat serta wisatawan di Bali. 

Para peserta sebelumnya juga melakukan konvoi ke Desa Wisata Penglipuran, salah satu desa terbersih di dunia dan desa yang telah dianugerahi penghargaan desa wisata berkelanjutan UNWTO. Selain melakukan konvoi ke Desa Wisata Penglipuran, peserta sebelumnya juga konvoi ke berbagai daya tarik wisata yang ada di Bali juga luar Bali seperti Lombok, NTB.

Rekor yang dicatat dari ajang tersebut adalah rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURDI) di mana VWD Bali sebagai rekor Asia karena untuk pertama kalinya Vespa World Day digelar di luar Eropa. Selain itu VWD 2022 juga masuk nominasi rekor dunia sebagai acara VWD dengan peserta terbanyak. Diketahui VWD Bali peserta yang terdaftar sebanyak 8.985 peserta padahal Vespa World Days biasanya dihadiri sekitar enam ribu orang. 

Vespa World Days 2022 juga diisi dengan kegiatan talkshow serta pameran UMKM kuliner, ekraf, dan otomotif. Kemenparekraf juga menghadirkan Tourism Information Centre yang menyediakan berbagai informasi pariwisata dan ekonomi kreatif juga paket-paket perjalanan wisata ke desa wisata, destinasi kuliner serta ekowisata di Bali dan sekitarnya.

"Selamat kepada Ketua Pelaksana VWD 2022 Bali, Danny Mamesah juga Bli Ekayana selaku Ketua Vespa Club Indonesia, juga Tito Maula selaku Committee VWD 2022 atas suksesnya penyelenggaraan Vespa World Days 2022," kata Sandiaga.

Secara khusus Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi inovasi dan kreativitas pelaku ekonomi kreatif "Scooter99" yang sudah dikenal di dunia internasional dalam melakukan rekondisi skuter dan membangun sespan. 

"Kita mendorong agar talenta-talenta ekonomi kreatif kita untuk terus meningkatkan kreativitas dalam bingkai inovasi, adaptasi, dan kolaborasi," katany.

Dia pun mendorong komunitas otomotif lain dapat menyelenggarakan acara serupa. Tidak hanya di Bali, tapi juga di destinasi-destinasi lain tanah air terutama 5 destinasi super prioritas. Acara internasional seperti ini, menurutnya akan mendorong promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia seiring dengan upaya kita bersama pulih dari dampak pandemi Covid-19.

Dukungan kepada komunitas Vespa

Managing Director PT Piaggio Indonesia, Marco Noto Ladiega menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari Kemenparekaf/Baparekraf dalam "Vespa World Days 2022". 

"Event ini tidak hanya untuk brand kami, tapi untuk Indonesia. Penting bagi kita untuk mendukung Indonesia setelah periode yang berat akibat pandemi Covid-19, khususnya di Bali. Ini menjadi tanda untuk pertumbuhan pariwisata di Indonesia," kata Marco. 

Pihaknya pun akan terus mendukung kegiatan dan semangat komunitas Vespa, sesuai dengan slogan Vespa Satu Vespa, Sejuta Saudara. Vespa World Days (VWD) 2022, kata dia, juga merupakan momentum untuk melakukan perayaan komunitas, merayakan cinta. Kecintaan terhadap vespa. Oleh karena itu ia berterima kasih kepada komunitas.

"Kita sangat senang, kita di belakangmu, kita bersamamu. Satu vespa sejuta saudara. Itulah spiritnya hari ini," ujar Marco Noto La Diega.

Ayu Hapsari, PR & Communication Manager PT Piaggio Indonesia, menyampaikan perayaan Indonesia Vespa World Days juga menjadi momen yang tepat untuk memperkuat kampanye terkini pada jajaran produk Vespa yang dipasarkan di Indonesia, yakni memperkenalkan warna-warna baru yang atraktif melalui semangat ‘Live Free, Live Colorfully’. 

“Acara Indonesia Vespa World Days adalah salah satu momen perayaan untuk semangat Vespa. Perayaan akan kegembiraan, gaya hidup, warna, semangat muda dan yang paling utama adalah solidaritas dan persaudaraan yang telah menjadi identitas tersendiri bagi pecinta dan komunitas Vespa di Indonesia,” katanya, dalam keterangan resmi, dikutip Senin (13/6).

Related Articles