Comscore Tracker
MARKET

Pahami Pengertian Fluktuasi bagi Ekonomi 

Ini contoh fluktuasi pada ekonomi.

Pahami Pengertian Fluktuasi bagi Ekonomi Ilustrasi : proses jual-beli daging di pasar. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Apakah Anda pernah mendengar istilah fluktuasi? Ya, kata ini seringkali kita dengan dalam bidang ekonomi.  Secara umum, fluktuasi memiliki arti kondisi naik turun yang tajam terkait harga pasar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fluktuasi adalah gejala yang menunjukkan turun-naiknya harga atau keadaan turun-naik harga dan sebagainya.

Sedangkan menurut kamus Merriam Webster, fluktuasi berarti suatu pergeseran, bolak-balik, atau naik dan turunnya sesuatu dalam suatu tingkat atau nilai. Dalam ekonomi, fluktuasi memiliki pengertian yaitu, kondisi lonjakan atau ketidaktetapan harga yang dipengaruhi oleh permintaan (demand) dan penawaran (supply). 

Fluktuasi sendiri memiliki lawan kata, yakni kestabilan atau kondisi tetap, tidak berubah-ubah. Lalu apa saja contohnya? Simak ulasan di bawah ini. 

Jenis-jenis fluktuasi

candlestick adalah grafik untuk menganalisa harga pasar

Fluktuasi memiliki dua jenis, yaitu reguler dan tidak teratur. Kondisi fluktuasi tersebut sesuai dengan kondisi yang memengaruhi fluktuasi.

Fluktuasi reguler (siklus) mengacu pada periode pertumbuhan atau penurunan sesuatu yang berbeda dan terjadi dari waktu ke waktu.

Sedangkan fluktuasi tidak teratur, terjadi karena tidak mematuhi perubahan yang bisa diperkirakan sebelumnya. Selain itu, jenis fluktuasi tidak teratur terjadi karena efek eksternal yang berbeda-beda.

Ini contoh fluktuasi pada ekonomi

Fluktuasi biasanya terjadi di berbagai harga komoditas hingga mata uang. Kondisi tersebut berkaitan erat dengan kondisi ekonomi. Berikut contoh fluktuasi pada ekonomi:

1. Harga Minyak

Harga minyak dunia akan menjadi pemicu besar terjadinya krisis ekonomi global. Pasalnya, naik atau turunnya harga minyak akan menentukan besaran penerimaan atau pengeluaran pemerintah. Selain itu, fluktuasi harga minyak juga menentukan jumlah subsidi yang diberikan pemerintah untuk produksi dan konsumsi masyarakat maupun perusahaan. 

2. Harga Saham di Pasar Modal

Saham adalah bentuk atau surat bukti kepemilikan bagian modal dari suatu perusahaan. Fluktuatifnya harga saham dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain permintaan dan penawaran, kurs valuta asing, kondisi ekonomi (suatu negara dan global), kinerja perusahaan, perang dan lain-lain.

3. Nilai Mata Uang

Fluktuasi juga bisa kita lihat dari harga atau nilai tukar mata uang asing. Jika didefinisikan, fluktuasi nilai mata uang adalah naik-turunnya harga suatu mata uang suatu negara dibandingkan mata uang negara lainnya. Perubahan harga yang tersebut disebabkan oleh permintaan dan penawaran di pasar.

Related Articles