NEWS

Antisipasi Inflasi, Badan Pangan Nasional Serap dan Pasok Beras Petani

Kenaikan harga beras tak bisa dihindari.

Antisipasi Inflasi, Badan Pangan Nasional Serap dan Pasok Beras PetaniKepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi saat ditemui di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (2/9). (Fortune Indonesia/Eko Wahyudi)
11 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kepala Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA), Arief Prasetyo Adi, mengatakan akan menjaga stabilitas harga dan ketersediaan sejumlah bahan pangan di tengah ancaman inflasi. Salah satunya, memadukan penyaluran beras ke masyarakat berssamaan dengan penyerapan beras petani.

Badan pangan juga akan menggelar operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga. Menurutnya, stok beras dan bahan pangan lainnya saat ini dalam kondisi aman. 

"Jadi, beras Bulog dikeluarkan saja sampai sebulan 200.000 ton untuk seluruh daerah di tanah air, jadi berapapun kebutuhannya, kita siapkan. Secara paralel, Bulog juga kami tugaskan untuk menyerap,” ujar Arief di sela acara Investor Daily Summit 2022, Selasa (11/10).

Ancaman inflasi

Stok beras di gudang Bulog di Padang, Sumatra Barat. ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Guna menjaga inflasi yang diakibatkan oleh naiknya komoditas pangan, Arief mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan penggunaan Dana Transfer Umum (DTU) untuk menutup biaya pengiriman komoditas dari sumbernya. Arahan untuk memobilisasi stik pangan dari sentra produksi ke daerah sudah disampaikan kepada 90 kepala dinas urusan pangan di Kabupaten/Kota.

“Presiden sudah memerintahkan bahwa ada anggaran Rp2,17 triliun, 2 persen DTU itu bisa diginakan untuk mobilisasi stok. Sekarang kalau ada daerah yang kekurangan bahan pokok, bisa segera dialokasikan, dibiayai, dan difasilitasi distribusinya oleh Pemda masing-masing," kataya. 

Kenaikan harga tak bisa dihindari

Ilustrasi : Sektor pertanian memegang peranan penting dalam kunci kebangkitan ekonomi nasional
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp

Related Topics