NEWS

BKPM: Investasi Asing RI Kuartal III 2022 Tertinggi Sepanjang Sejarah

Jumlah PMA mencapai Rp168,9 triliun.

BKPM: Investasi Asing RI Kuartal III 2022 Tertinggi Sepanjang SejarahMenteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Tangkapan layar)
24 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengatakan realisasi pertumbuhan Penanaman Modal Asing (PMA) tahunan di Indonesia pada kuartal ketiga 2022 mencapai pertumbuhan tertinggi sepanjang sejarah sebesar 63,6 persen.

Adapun total nilai PMA yang mencapai Rp168,9 triliun itu mencakup 54,9 persen dari keseluruhan nilai investasi sepanjang kuartal ketiga 2022 yang mencapai Rp307,8 triliun. “Sejak masuk BKPM, kementerian Investasi, bahkan saya minta Deputi Dallaks, pernahkan tumbuh sebesar ini? Rasanya data ini belum pernah kita temukan,” ujarnya dalam paparan kinerja investasi kuartal ketiga 2022, Senin (24/10).

Realisasi investasi PMA ini tersebar di sejumlah sektor, seperti industri logam dasar; barang logam, bukan mesin dan peralatannya; transportasi, gudang, dan telekomunikasi; perumahan, kawasan industri, dan perkantoran; pertambangan; serta listrik, gas, dan air.

Disukai investor asing

Suasana deretan gedung bertingkat dan rumah permukiman warga di kawasan Jakarta, Selasa (21/12/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp.
Suasana deretan gedung bertingkat dan rumah permukiman warga di kawasan Jakarta, Selasa (21/12/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp.

Bahlil menyebutkan bahwa berdasarkan lokasi proyeknya, PMA banyak tersebar di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, Riau, Jawa Timur, dan Sulawesi Tengah. Investasi asing pada kuartal ketiga 2022, secara berturut-turut berasal darii Singapura, Cina, Jepang, Hong Kong, dan Malaysia.

Ia mengatakan iklim investasi disukai investor asing. Hal ini tal lain karana Indonesia memiliki stabilitas politik, didukung fokus pemerintah yang secara konsisten membangun arah kebijakan investasi.

PMDN menurun secara kuartalan

Suasana proyek pembangunan tol ruas Sigli-Banda Aceh seksi 5 Blang Bintang -Kuta Baro di Aceh Besar, Aceh, Senin (28/3).
Suasana proyek pembangunan tol ruas Sigli-Banda Aceh seksi 5 Blang Bintang -Kuta Baro di Aceh Besar, Aceh, Senin (28/3). (ANTARAFOTO/Syifa Yulinnas)

Related Topics