NEWS

Profil Bambang Susantono Kepala Badan Otorita IKN yang Ditunjuk Jokowi

Bambang pernah menjabat Wakil Menteri Perhubungan.

Profil Bambang Susantono Kepala Badan Otorita IKN yang Ditunjuk JokowiBambang Susantono. (Wikimedia Commons)
10 March 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Bambang Susantono sebagai kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara periode 2022-2027 pada Kamis (10/3). Hal ini sejalan dengan keinginan Jokowi memilih kepala badan otorita IKN dari kalangan non-partai politik.

Melansir laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, membenarkan tentang rencana pelantikan ini.

“Kamis sore pukul 15.00 WIB di Istana Negara, Presiden akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Kemudian untuk posisi Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN,” ujarnya.

Penunjukkan Bambang Susantono sudah melalui serangkaian proses. Berikut profil Bambang Susantono, berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber. 

Profesional dari kalangan non-partai

Bambang Susantono merupakan seorang pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi. Meski bukan dari kalangan partai, Bambang bukan orang baru di lingkup pemerintahan.

Pada tahun 2007, ia pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah. Kemudian, pada 2009, ia pun diangkat menjadi wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Bambang bahkan sempat menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Menteri Perhubungan, menggantikan E.E Mangindaan yang terpilih jadi anggota DPR periode 2014-2019.

Pada tahun 2012, pria kelahiran Yogyakarta, 4 November 1963 ini juga sempat menjabat sebagai Komisaris Utama PT Garuda Indonesia. Lalu, di tahun 2015, Bambang menjabat sebagai Wakil Presiden Asian Development Bank (ADB) dengan tugas yang berfokus pada pengelolaan pengetahuan dan pembangunan berkelanjutan.

Buah pemikiran Bambang Susantono

Saat menjadi Wamenhub, Bambang bertugas membenahi sektor transportasi dalam negeri. Ia membenahi jalur rel kereta api ganda, monorail, dan busway Transjakarta.

Ia juga pencetus sistem transportasi humanis dengan berfokus pada 4 aspek, yakni angkutan umum harus tepat waktu agar bisa diandalkan oleh masyarakat; nyaman dan layak ditumpangi; tarif angkutan umum harus terjangkau; dan keamanannya terjamin. 

Bambang juga menuangkan gagasan trasportasinya melalui buku ‘Revolusi Transportasi (Revolutrans)’ yang diterbitkan pada 2014. Lewat karya buku ini, ia juga mengungkapkan tentang perubahan teknologi transportasi global menciptakan berbagai jenis alat angkut yang lebih besar lebih cepat, dan lebih efisien.

Selain Revolutrans, Bambang juga pernah menulis buku ‘Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah’ yang jadi panduan pembangunan nasional. Buku lainnya, adalah ‘1001 Wajah Transportasi Kita’, ‘Strategi dalam Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah’, dan ‘Memacu Infrastruktur di Tengah Krisis’.

Related Topics