NEWS

Beli Rumah Atau Apartemen? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Semua tergantung kebutuhan dan kondisi setiap individu.

Beli Rumah Atau Apartemen? Ini Kelebihan dan KekurangannyaIlustrasi properti. (ShutterStock_sommart sombutwanitkul)
01 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Tempat tinggal yang merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang utama. Ada berbagai pilihan hunian saat ini, menyesuaikan kondisi keuangan maupun selera individu. Namun, hal ini membuat masyarakat bingung: memilih membeli rumah ataukah apartemen ?

Tak sekadar masalah bujet, faktor kenyamanan, lokasi strategis menjadi pertimbangan paling umum dalam memutuskan membeli rumah atau apartemen.

Baik rumah maupun apartemen adalah dua jenis hunian yang selalu menjadi primadona. Kini, kedua jenis ini juga dipandang sebagai investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Melansir laman prospeku.com, berikut ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis hunian tersebut.

Kepemilikan

Ilustrasi apartemen di Jakarta. Shutterstock/CAHYADI SUGI

Kedua jenis hunian ini juga memiliki perbedaan dari segikepemilikan. Dalam tingkatan tertingginya, rumah bisa Anda miliki dengan bukti Sertifikat Hak Milik (SHM) yang berarti tanah hingga bangunan sepenuhnya menjadi milik Anda. 

Sementara, bukti kepemilikan apartemen biasanya hanya berupa Sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun (SHMSRS) yang merujuk pada unit apartemen yang dimiliki saja, tanpa tanah di mana apartemen itu berdiri.

Lokasi

Ilustrasi penyaluran kredit perumahan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Related Topics