NEWS

Bernard Arnault Jadi Orang Terkaya di Dunia

Kekayaan Arnault capai US$199 miliar atau Rp2,862 triliun.

Bernard Arnault Jadi Orang Terkaya di DuniaBernard Arnault. (Wikimedia)
11 August 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Miliarder berkebangsaan Prancis, Bernard Arnault, memang tidak pergi atau mengirim siapa pun ke luar angkasa. Tetapi, kini ia berada di peringkat pertama orang terkaya di dunia. Pemilik jenama fesyen ternama Louis Vuitton-Moet Hennesy (LVMH) ini menggeser mantan CEO Amazon, Jeff Bezos, dari urutan teratas.

Fortune.com menyebutkan bahwa Bezos membuat roket, sementara Arnault membuat tas tangan. Namun, mereka sudah mulai bersaing di posisi teratas orang terkaya sejak beberapa bulan terakhir.

Berdasarkan daftar Real Time Billionaires Forbes, kekayaan Arnault per (10/8) mencapai US$199 miliar atau setara Rp2,862 triliun. Selain kekayaan bersih keluarga Arnault, faktor penyebab dirinya menjadi orang terkaya di dunia adalah saham LVMH yang kian melesat.

Fortune.com mengungkapkan perusahaan yang dipimpin Bernard Arnault telah keluar dari pandemi dengan mencatatkan lonjakan pendapatan pada kuartal pertama 2021 dan melampaui angka pra-pandemi di pasar-pasar utama, baik Asia maupun AS. Saham LVMH sendiri telah naik lebih dari 35% pada tahun 2021, dan telah melonjak 140% dari posisi terendahnya pada Maret 2020.

Pasar Eropa yang menjadi asal LVMH diprediksi akan segera dipenuhi pembeli lagi saat semua orang mulai melakukan vaksinasi. Pembelian barang mewah pun diperkirakan meningkat. Selain itu, menurut analisis Bank of America, barang-barang mewah kemungkinan takkan terganggu oleh tekanan inflasi yang menyinggung beberapa aspek pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

Bernard Arnault adalah kepala eksekutif LVMH, grup barang mewah terbesar di dunia, dengan kepemilikian 47,5% saham. Memiliki segudang nama mewah, LVMH berada di belakang label minuman kelas atas, Moët & Chandon Champagne dan Hennessy cognac, kemudian merek fesyen Louis Vuitton, Loewe, Christian Dior, dan Kenzo.

Setelah Arnault, posisi orang terkaya di dunia berikutnya adalah Bezos, Elon Musk (pemilik Tesla), Bill Gates (pendiri Microsoft), dan Mark Zuckerberg (pendiri Facebook). Berikutnya, ada Larry Page (pendiri Google), Larry Ellison (pendiri Oracle), Sergey Brin (pendiri Google), Warren Buffet (pendiri dan bos Berkshire Hathaway), dan Francoise Bettencourt Meyers (bos L’Oreal).

Related Topics