NEWS

Cina dan Indonesia Sepakat Perdalam Kerja Sama Ekonomi Hijau

Cina-RI wujudkan kerja sama konkret saling menguntungkan.

Cina dan Indonesia Sepakat Perdalam Kerja Sama Ekonomi HijauPresiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Cina Xi Jinping. (dok. Setpres)
27 July 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping dan membahas sejumlah isu kerja sama, salah satunya kerja sama ekonomi hijau. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dalam keterangannya.

Retno mengatakan, pemerintah Cina berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama ekonomi hijau melalui investasi berkualitas. “Antara lain di bidang energi terbarukan, pengembangan mobil listrik, pengembangan industri baterai, dan pengembangan green industrial park,” kata Menteri Retno seperti terpantau dari kanal YouTube Setpres, Rabu (27/7).

Kedua pemimpin negara itu sependapat mengenai pentingnya kerja sama konkret yang saling menguntungkan dalam konteks Global Development Initiative (GDI). “Jika kerja sama konkret dapat diwujudkan, maka diharapkan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) negara berkembang dapat lebih baik,” katanya.

Kerja sama bidang kesehatan

Ilustrasi sistem kesehatan dunia.
Ilustrasi sistem kesehatan dunia. (Pixabay/ar130405)

Kerja sama lain yang tak kalah pentingnya, menurut Retno, adalah pada bidang kesehatan. Kedua pihak telah sepakat menandatangani kerja sama terkait riset vaksin dan genomika. “Termasuk transfer teknologi dalam pengembangan vaksin MRNe dan Adenovirus,” ujar Menlu.

Langkah ini penting untuk peningkatan kemandirian industri kesehatan di Indonesia. Terlebih, masalah kesehatan sudah menjadi faktor penting yang bisa berdampak ke berbagai sektor–mulai dari ekonomi, sosial, hingga politik–seperti halnya saat pandemi Covid-19 terjadi.

Cina adalah mitra penting ASEAN

Bendera Cina.
Bendera Cina. (Pixabay/SW1994)

Related Topics