NEWS

Empat Kesalahpahaman Terkait Ekowisata yang Sering Terjadi

Banyak hal terkait ekowisata yang sering disalahartikan.

Empat Kesalahpahaman Terkait Ekowisata yang Sering TerjadiAlam di Afrika. (Shutterstock/ModernNomad)
29 October 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sebuah jembatan pejalan kaki terpanjang di dunia sedang dibangun di area Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP). Jenama peralatan petualangan asli Indonesia, Eiger, mendirikan jembatan ini sebagai bagian dari kawasan ekowisata Eiger Adventure Land (EAL) yang baru mulai resmi dibangun pada 17 Oktober.

Ekowisata memang sedang banyak diperbincangkan dan menjadi tujuan wisata masyarakat. Apalagi, setelah pandemi, tempat-tempat terbuka yang menyatu dengan alam menjadi pilihan utama melepas penat dan beristirahat barang sejenak.

Melansir Antara, Diyah Deviyanti, Project Coordinator Hutan Itu Indonesia, bercerita tentang pengalamannya merasakan tujuan ekowisata Tangkahan, di Taman Nasional Gunung Leuser. “Begitulah gambaran destinasi ekowisata yang sesungguhnya. Pengelola tidak mengubah fungsi hutan sebagai sumber oksigen dan sumber kehidupan masyarakat sekitar,” ujarnya. 

Ia mengatakan hingga saat ini, masih banyak orang yang salah kaprah dalam memahami ekowisata. Berikut ini empat kesalahpahaman terkait ekowisata yang masih sering terjadi.

Wisata alam pasti ekowisata

Walau sama-sama berupa alam terbuka, namun ekowisata dan wisata alam biasa sangat berbeda. Perbedaan mendasarnya, menurut Diyah, terletak pada keberadaan fasilitas pendukung. Pada tempat wisata alam yang umum, seringkali fasilitas pendukung seperti toilet, gazebo, dan pendukung lainnya dibangun tanpa memperhatikan ekosistem.

“Sekalipun hutan atau taman nasional, jika pengelolaannya mengganggu ekosistem, tempat itu tak bisa disebut destinasi ekowisata,” kata Diyah.

Menurutnya, sebuah tempat layak dikatakan sebagai destinasi ekowisata jika bertujuan untuk melindungi kealamian lingkungannya, termasuk menyejahterakan masyarakat di sekitarnya. “Kita bisa membantu kesejahteraan mereka dengan membeli produk buatan mereka, misalnya madu hutan, atau menggunakan jasa penduduk lokal sebagai pemandu,” ujarnya.

Anggapan bahwa ekowisata itu murah

Karena berkaitan dengan alam, maka banyak anggapan bahwa ekowisata hanya akan menghabiskan biaya sedikit. Namun, menurut Diyah, hal ini tidak tepat karena seharusnya tujuan ekowisata tidak dibuka bagi banyak pengunjung. Hal ini akan membuat biayanya justru menjadi lebih mahal daripada destinasi yang dibuka secara besar-besaran.

“Pembatasan pengunjung penting dilakukan agar alam tidak rusak. Dampaknya, pemasukan pengelolanya juga terpengaruh. Dana ini bukan hanya untuk pengelola, melainkan disebar untuk berbagai aspek. Sebagian besar untuk pemeliharaan tempat, sebagian juga untuk kas pemberdayaan masyarakat,” kata Diyah.

Menurutnya, tempat alami justru akan menghabiskan banyak biaya, terutama untuk berbagai profesi pendukung untuk memastikan kealamian dari ekowisata tersebut. Misalnya, perlu penjaga hutan untuk menjaga agar tidak ada orang yang menebang secara ilegal, atau pembersih jalan untuk membereskan pohon tumbang, dan sejumlah pekerjaan lain yang membantu pelestarian hutan.

Related Topics