NEWS

Gandeng Korsel, Infrastruktur Dasar IKN Mulai Dibangun Agustus 2022

Pembangunan difokuskan pada infrastruktur dasar.

Gandeng Korsel, Infrastruktur Dasar IKN Mulai Dibangun Agustus 2022Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersalaman dengan Assistant Minister for Road, Ministry of Land, Infrastructure and Transport, Korea Selatan, Lee Yoon-Sang. (dok. KemenPUPR)
22 June 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara siap dimulai pada Agustus 2022. Kementerian PUPR bakal menggandeng Korea Selatan (Korsel) pada proyek pembangunan tersebut.

Basuki mengatakan, pemerintah berkomitmen mempererat hubungan bilateral dengan Korsel dalam berbagai kerja sama, termasuk pembangunan IKN. “Akan diprioritaskan juga feasibility study (FS) dan basic design untuk jalan akses IKN karena kami akan memulai pembangunan infrastruktur dasar IKN pada Agustus 2022 mendatang,” ucapnya seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Selasa (21/6).

Selain itu, terdapat juga tiga hibah yang saat ini sedang dalam proses pipeline–FS dan Basic Design–Immersed Tunnel Teluk Balikpapan (Jalan Tol Akses IKN), pembentukan Manajemen Konstruksi Digital dan Hijau di Indonesia, dan pembentukan Sistem Informasi Jalan Tol di Indonesia.

MoU dengan Korsel sudah ditandatangani

Kondisi jalan menuju Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
Kondisi jalan menuju Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (ANTARAFOTO/Bayu Pratama))

Assistant Minister for Road, Lee Yoon Sang, mengungkapkan kedua negara telah menandatangani kesepakatan (MoU) untuk pembangunan infastruktur dasar  IKN. 

“Setelah seminar konferensi pada tanggal 21 Juni, kami juga akan melakukan technical study ke IKN pada hari berikutnya. Para direksi dan peneliti kami akan ikut ke lokasi untuk menggali lebih banyak ekspansi kolaborasi antara kedua negara,” ujar Lee Yoon-Sang.

Progress pembangunan IKN terus berjalan

Desain istana negara di IKN Nusantara.
Desain istana negara di IKN Nusantara. (Instagram @nyoman_nuarta)

Related Topics