NEWS

Indonesia-Korsel Kerja Sama di Sektor Transportasi Cerdas

Menhub mengajak Korsel membuka kembali penerbangan ke Bali

Indonesia-Korsel Kerja Sama di Sektor Transportasi CerdasBus listrik TransJakarta. Dok/Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
22 March 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) kembali menjalin kerja sama penerapan sistem transportasi cerdas di beberapa koridor kota-kota besar di Indonesia.

Mengutip laman resmi Kemenhub, Selasa (22/3), kedua negara menandatangani perjanjian kerja sama implementasi hibah pada proyek percontohan Pembangunan Sistem Transportasi Cerdas (ITS) dan pengembangan terminal bus serta sistem manajemen informasi bus atau Bus Information Management System (BIMS) for Jakarta.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, juga menyambut baik minat dari sejumlah perusahaan swasta Korsel untuk berpartisipasi pada sejumlah proyek infrastruktur transportasi melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU/Public Private Partnership).

Budi Karya menyampaikan, salah satu minat datang dari KEXIM Bank yang menghibahkan bantuan studi kelayakan pada proyek pembangunan LRT di Bali.

“Kami telah berkoordinasi dengan Bappenas yang tengah melakukan kajiannya terlebih dahulu. Semoga bisa diselesaikan dalam waktu dekat,” ujarnya.

Kehadiran ITS akan bantu persoalan transportasi di Indonesia

Tampilan LRT Jabodebek.
Tampilan LRT Jabodebek. (Dok. PT KAI)

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi, mengatakan kehadiran ITS di Indonesia akan membantu memecahkan persoalan transportasi darat maupun lalu lintas di Indonesia.

Kerja sama ini sejalan dengan penerapan manajemen lalu lintas berbasis ITS pada 2022, yang nantinya juga terintegrasi dengan komitmen Buy The Service untuk angkutan massal perkotaan.

“ITS memang sangat penting, di mana beberapa kota di Indonesia (masih) mengalami kemacetan,” ucapnya.

Menhub ajak maskapai Korsel terbang kembali ke Bali

Ilustrasi maskapai Korea Selatan.
Ilustrasi maskapai Korea Selatan. (Pixabay/Rattakarn)

Related Topics