NEWS

Indonesia Negara Berkembang Terbesar yang Tangani Perubahan Iklim

Indonesia secara serius tangani risiko perubahan iklim.

Indonesia Negara Berkembang Terbesar yang Tangani Perubahan IklimIsu perubahan iklim jadi salah satu hal penting yang dibahas dalam KTT G20, Roma, Italia. (dok. Kemenkeu)
02 November 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Indonesia memiliki sejumlah upaya dukungan untuk menurunkan emisi gas rumah kaca seperti penetapan nilai ekonomi karbon (carbon pricing) serta pengenalan pajak karbon. Keduanya memiliki  payung hukum masing-masing. 

“Indonesia telah menjadi salah satu dari sedikit negara, bahkan yang terbesar di negara berkembang, yang melakukan tindakan yang nyata terkait transisi energi yang adil dan terjangkau. Hal ini menunjukkan sinyal yang kuat tentang keseriusan Indonesia dalam menangani risiko perubahan iklim,” ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Febrio Kacaribu, dalam keterangan pers Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Selasa (2/11).

Pada konferensi perubahan iklim yang dikenal dengan Conference of the Parties (COP26)—berlangsung di Glasgow, Skotlandia—Indonesia juga berperan dalam mendorong negara-negara maju untuk mendanai negara berkembang. Ini berkait dengan mobilisasi dana hingga US$100 miliar per tahun oleh negara-negara maju.

Posisi strategis Indonesia di kancah internasional

Menteri Keuangan Indonesia dan Finlandia berperan menjadi co-chair Coalition of Finance Ministers for Climate Actions (2021-2023). Koalisi ini dijadwalkan akan mengadakan pertemuan urusan iklim dan keuangan pada Rabu (3/11) di Roma, Italia. Selain itu, Indonesia akan berperan sebagai presidensi KTT G20 pada 2022 dan mengetuai ASEAN pada 2023.

Berbagai peran ini dinilai akan memberi Indonesia posisi strategis di kancah internasional. Dengan begitu, Indonesia berpeluang mendorong negara-negara lain mencapai target pengendalian perubahan iklim global. 

“Pemerintah Indonesia akan mengoptimalkan keterlibatan aktif di forum-forum internasional, termasuk COP26 ini, sebagai sarana untuk memberi contoh kepada negara-negara lain dan mengkatalisasi kerja sama untuk memitigasi dan mengatasi dampak perubahan iklim dengan tindakan nyata,” kata Febrio.

Target Indonesia dalam penurunan emisi

Indonesia merupakan negara berkembang pertama yang menyampaikan target nasionalnya sebagai bentuk komitmen sukarela di tingkat internasional. “Yaitu, penurunan emisi sebanyak 26% dari kondisi business as usual pada tahun 2030 dengan sumber daya nasional. Dan penurunan hingga 41% jika mendapat dukungan dan kerja sama internasional,” ujarnya.

Indonesia berkomitmen mengurangi dampak perubahan iklim. Ini bisa terlihat dari keikutsertaannya menandatangani Perjanjian Paris dalam Konvensi Kerangka Kerja Perubahan Iklim PBB (UNFCCC). 

Related Topics