NEWS

Krisis Global, Wapres Beri 3 Arahan untuk Lembaga Audit di KTT SAI20

Arahan Wapres ini diharapkan terwujud dalam komunike SAI20.

Krisis Global, Wapres Beri 3 Arahan untuk Lembaga Audit di KTT SAI20Wapres, Ma'ruf Amin, bertemu dengan pimpinan delegasi SAI20. (dok. Setwapres)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin, memberi tiga arahan untuk lembaga audit dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Supreme Audit Institutions 20 (SAI20). Langkah ini memastikan program sentral pemerintah terkait pemulihan Covid-19 dan krisis dapat terimplementasi. 

Menurutnya, pemerintah memerlukan dukungan badan pemeriksa untuk menjaga disiplin dalam pengelolaan anggaran keuangan negara. “Melalui pemberian perspektif audit yang konstruktif diharapkan mewujudkan pemulihan kondisi ekonomi secara berkelanjutan,” katanya.

Wapres berharap  pernyataan berasama atau komunike yang dihasilkan dalam KTT SAI20 dan mencakup arahannya akan meningkatkan kinerja dan akuntabilitas BPK. Pembentukan SAI20 juga diharapkan bisa menjadi warisan presidensi G20 Indonesia. 

“Komunike ini nantinya juga dapat digunakan sebagai salah satu referensi dalam persiapan deklarasi Pemimpin G20 di Bali pada November 2022 yang akan datang,” ujarnya. 

Berikut ketiga arahan Wapres dalam agenda tersebut :

Audit yang independen dan konstruktif

Wapres Ma’ruf Amin saat menghadiri KTT SAI20, Senin (29/8).Wapres Ma’ruf Amin saat menghadiri KTT SAI20, Senin (29/8). (dok. Setwapres)

Pada arahan pertama, Wapres Ma’ruf meminta terselenggaranya perspektif audit yang independen dan konstruktif. Hal ini diperlukan dalam mendukung seluruh program pemerintah untuk dapat berjalan berkesinambungan dan bekelanjutan.

“SAI20 agar menyampaikan perspektif audit yang independen dalam rangka membantu pemerintah merumuskan kebijakan pemulihan ekonomi secara berkelanjutan, pencapaian target SDGs, dan kesiapan menghadapi krisis di masa depan,” ucap Ma’ruf.

Peran mendukung masyarakat

Wapres Ma’ruf Amin saat menghadiri KTT SAI20, Senin (29/8).Wapres Ma’ruf Amin saat menghadiri KTT SAI20, Senin (29/8). (dok. Setwapres)