NEWS

Ini Dia Total Kekayaan Lukas Enembe yang Baru Ditangkap KPK

Kekayaan Lukas Enembe mencapai puluhan miliar Rupiah.

Ini Dia Total Kekayaan Lukas Enembe yang Baru Ditangkap KPKLukas Enembe yang baru ditangkap oleh KPK. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
11 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Gubernur Papua, Lukas Enembe pada Selasa (10/1) atas dugaan kasus suap dan gratifikasi. Lalu, seberapa banyak kekayaan yang dimiliki Lukas Enembe?

Berdasarkan Laporan Harga Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK pada 31 Maret 2022, Lukas Enembe memiliki total kekayaan mencapai Rp 33,78 miliar tanpa utang apapun yang tercatat. Perincian kekayaan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Enam properti berupa tanah dan bangunan dengan total nilai Rp13,60 miliar, terletak pada sejumlah wilayah di Kabupaten/Kota Jayapura.
  2. Sejumlah alat transportasi, dengan nilai total mencapai Rp932,49 juta, berupa mobil Toyota Fortuner, Honda Jazz, Toyota Land Cruiser, dan Toyota Camry.
  3. Surat berharga senilai Rp1,26 milar
  4. Kas dan setara kas senilai Rp17,99 miliar

Peningkatan kekayaan

Lukas Enembe.
Lukas Enembe. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Berdasarkan laporan LHKPN, dalam setahun Lukas Enembe mengalami peningkatan kekayaan sebesar Rp2,5 miliar. Pada LHKPN periodik 2021, total kekayaan Enembe tercatat Rp31,28 miliar.

Diketahui, peningkatan kakyaan pada LHKPN itu hanya terjadi pada laporan tanah dan bangunan. Pada laporan periodik 2021, kekayaan tanah dan bangunan Lukas Enembe mencapai Rp11,10 miliar, meningkat menjadi Rp13,60 miliar pada 2022.

Penangkapan Lukas Enembe

Pengamanan Kantor Gubernur Papua.
Pengamanan Kantor Gubernur Papua. (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Related Topics