NEWS

Inilah Lima Negara Terkaya di ASEAN, Indonesia Urutan Berapa ?

ASEAN kini jadi salah satu kawasan strategis di dunia.

Inilah Lima Negara Terkaya di ASEAN, Indonesia Urutan Berapa ?Ilustrasi: bendera negara anggota ASEAN. (Dok. Istimewa)
14 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN tahun 2022 baru saja usai dan Keketuaan ASEAN resmi berpindah ke tangan Indonesia pada 2023. Ada 10 negara anggota di kawasan ini, namun apakah Anda penasaran mana saja yang termasuk negara terkaya di ASEAN?

ASEAN adalah salah satu kawasan di Benua Asia yang kini banyak dilirik oleh negara-negara lain di dunia karena letaknya di jalur perdagangan dunia. Potensi sumber daya alamnya yang melimpah turut menjadi incaran banyak negara. Kesempatan ini pun tak ingin dilewatkan begitu saja oleh Presiden Joko Widodo sebagai salah satu pemimpin berpengaruh di kawasan ini.

Menurutnya, penguatan fiskal, dukungan keuangan internasional, serta pembangunan berkelanjutan perlu menjadi perhatian utama dalam Keketuaan Indonesia untuk ASEAN di 2023. “Meskipun proyeksi pertumbuhan ekonomi rata-rata masih terus positif, namun ke depannya, tantangan ekonomi kawasan akan makin berat apalagi dengan ancaman resesi,” kata Jokowi pada ASEAN Global Dialogue, Minggu (13/11).

Untuk lebih memahami lagi seberapa besar potensi kawasan di mata dunia, kita perlu mengetahui bersama, negara ASEAN mana saja yang terkaya, dilihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita penduduknya.

Menukil dari situs dataindonesia.id dan data Bank Dunia, berikut ini adalah lima di antaranya : 

1. Singapura

negara Singapura
ilustrasi negara Singapura (pexels.com/Kin Pastor )

Pada urutan pertama, Singapura memantapkan diri sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara. Meski luas wilayahnya tak seberapa besar, bahkan sampai dijuluki negara kota, Singapura memiliki PDB per kapita yang cukup tinggi, yakni sekitar US$72.794 pada tahun 2021.

Angka ini menempatkan Singapura menjadi negara paling kaya di ASEAN. Padahal, Singapura termasuk yang minim akan Sumber Daya Alam. Tapi, negara ini cukup gencar dalam perdagangan dan menjadi salah satu destinasi wisata utama di Asia. Hal ini membuat Singapura kerap masuk ke jajaran negara maju di dunia.

2. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam.
Brunei Darussalam. (Pixabay/AdamHillTravel)

Related Topics