NEWS

Wastra Nusantara, Kain Tradisional yang Sarat Makna dan Mendunia

Wastra nusantara yang unik menjadi aset budaya Indonesia.

Wastra Nusantara, Kain Tradisional yang Sarat Makna dan MenduniaMenkeu Sri Mulyani kerap mengenakan wastra nusantara di berbagai acara tingkat dunia. (ANTARAFOTO/Zabur Karuru)
17 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Selama pelaksanaan G20 Indonesia, Menteri Keuangan Sri Mulyani kerap terlihat mengenakan blus wastra Indonesia yang sarat makna. Busana wastra yang dikenakan ini adalah simbol dari semua wastra nusantara. Lantas, apakah yang dimaksud wastra nusantara?

Mengutip wastraraya.com, Wastra merupakan sebuah istilah yang diambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti kain. Menurut Kamus Mode Indonesia, wastra mengacu pada kain yang dibuat dengan cara apapun–termasuk rajutan dan kulit kayu–dan tidak harus dikembangkan secara tradisional. Bedanya dengan tekstil, tekstil cenderung mengacu pada tenunan mesin.

Dengan demikian, wastra nusantara berarti semua kain yang tidak dibuat dengan mesin dan tersebar di seluruh nusantara. Dengan keragaman suku di Indonesia juga mempengaruhi proses pembuatan ragam wastra nusantara yang memiliki teknik berbeda-beda dengan keunikannya masing-masing.

Dua kategori wastra

Ilustrasi seorang pengrajin tengah membuat kain tenun songket Sasak. Shutterstock/Gede Sudika Pratama

Secara garis besar, wastra nusantara bisa dibedakan jadi dua kategori, dilihat dari rancangan motifnya. Pertama adalah reka rakit atau yang berdasarkan desain struktur. Jadi, proses menghias kain dilakukan bersamaan pada waktu kain dibuat.

Contohnya yang biasa kita kenal adalah kain tenun. Kain umumnya dibuat dengan menenun benang-benang sekaligus membentuk motif yang akan menjadi hiasan akhir kain.

Jenis kedua adalah reka latar atau yang berdasar pada desain permukaan. Pada kategori kain jenis ini, pemberian hiasan dilakukan setelah kain selesai dibuat. Biasanya kain berkategori reka latar adalah kain yang dibuat dengan teknik batik, jumputan, sulam, maupun bordir.

Ragam cara pembuatan

Sejumlah pekerja menata kain sarung di industri kain sarung Asaputex, Tegal, Jawa Tengah, Senin (27/12/2021). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/hp.
Sejumlah pekerja menata kain sarung di industri kain sarung Asaputex, Tegal, Jawa Tengah, Senin (27/12/2021). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/hp.

Related Topics