NEWS

Tren Baru Menikmati Liburan, Berikut Serba-serbi Campervan

Campervan cocok bagi mereka yang suka petualangan.

Tren Baru Menikmati Liburan, Berikut Serba-serbi CampervanBerlibur dengan Campervan. (Pixabay/MemoryCatcher)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

14 December 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Liburan akhir tahun hampir tiba. Pilihan aktivitas liburan pun banyak tersedia untuk mengisi kehangatan bersama keluarga. Salah satu cara liburan yang populer dan jadi peluang baru di sektor bisnis pariwisata adalah campervan.

Menukil Camper Faqs, campervan adalah kendaraan yang biasa digunakan untuk transportasi sekaligus akomodasi. Biasanya disesuaikan untuk berbagai kegiatan terbatas yang dilakukan oleh para penggunanya, seperti masak, makan, hingga tidur. Campervan sendiri ditujukan untuk aktifitas outdoor yang berkenaan dengan alam. Sederhananya, Campervan adalah mobil yang dirancang dan digunakan untuk berkemah.

Untuk masyarakat di negara-negara seperti Australia, New Zealand, atau Amerika Serikat, Campervan adalah hal yang biasa, bahkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup nomaden yang mulai populer beberapa waktu belakangan. Namun, selain banyak orang yang ingin membeli campervan, beberapa juga menyewakannya bagi konsumen yang hanya menginginkan sensasi liburan sesaat.

Di Indonesia, pilihan menghabiskan waktu liburan dengan campervan baru saja jadi tren. Kini terdapat banyak operator yang menyediakan jasa ini, serikut paket wisata ke lokasi-lokasi menarik bernuansa alam, mulai hutan, danau, hingga pantai. Harganya pun beragam, mulai dari Rp700 ribu sampai jutaan rupiah, tergantung fasilitas yang kita akan dapatkan.

Perbedaan dengan caravan

Caravan.Caravan. (Pixabay/TitusStaunton)

Berbeda dengan caravan, Campervan adalah mobil yang dirancang menyerupai tenda atau rumah kecil. Bahkan, tempat tidur atau tenda tambahan bisa diterapkan terpisah dengan mobil. Campervan juga bisa dibuat tidak permanen, sehingga tetap bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Sementara,  caravan bentuknya bisa menyerupai rumah yang dirancang bisa berpindah dan memiliki roda. Biasanya, caravan adalah bagian terpisah dan harus ditarik oleh mobil. Caravan dirancang senyaman rumah, dengan kelengkapan muali kamar, tempat tidur, kamar mandi, bahkan dapur dan ruang tamu.

Kelebihan campervan

Campervan.Campervan. (Pixabay/campingbil)

Related Topics