NEWS

Jalur Pantai Selatan Jawa Siap Dilalui untuk Mudik Lebaran 2022

Pansela bisa jadi alternatif Pantura dan Jalur Tengah Jawa.

Jalur Pantai Selatan Jawa Siap Dilalui untuk Mudik Lebaran 2022Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (Tengah) di jalur Lintas Pansela. (dok. PUPR)
27 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE –Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan jalur lintas Pantai Selatan (Pansela) untuk menjamin kelancaran mudik Lebaran 2022.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan jalur Pansela bisa dimanfaatkan mengingat antusiasme pemudik tahun ini akan sangat tinggi, karena dua tahun tidak bisa mudik di masa pandemi Covid-19.

“Lintas Pansela ini bisa menjadi alternatif bagi para pemudik, sehingga beban lalu lintas terbagi dan tidak menumpuk di Lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa,” ujarnya di laman resmi Kementerian PUPR, Selasa (27/4).

Basuki mengatakan bahwa kondisi jalur Pansela saat ini sudah layak dilalui dan pemudik bisa menikmati pemandangan di sepanjang jalannya yang melewati kawasan pantai dengan pemandangan indah.

Pemerintah pun telah menyiapkan Posko Mudik Sapta Taruna, terutama di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pansela dilengkapi 4 Posko Musik Sapta Taruna

Posko Mudik Sapta Taruna, Kementerian PUPR.
Posko Mudik Sapta Taruna, Kementerian PUPR. (dok. Kementerian PUPR)

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY Wida Nurfaida mengatakan, terdapat 4 Posko Mudik Sapta Taruna di wilayah Jateng-DIY. Perinciannya, dua posko di wilayah Jateng, tepatnya di Jalan Daendels, Sawah, Depokrejo, Kabupaten Purworejo dan di Ruas Giriwoyo – Glonggong (KM.77+550), sementara dua lainnya ada di DIY, tepatnya pada Ruas Tepus-Jerukwudel Kabupaten Gunung Kidul dan Ruas Samas-Girijati Kabupaten Bantul.

"Posko tersebut akan menyediakan informasi tentang Pansela, dan fasilitas untuk istirahat seperti toilet dan mushola. Posko ini juga untuk antisipasi jika ada kejadian bencana yang siap koordinasi dengan Posko Kepolisian, dan Kementerian Perhubungan juga,” tutur Wida.

Panjang jalur Pansela Kateng-DIY

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kiri) berbincang bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kanan) disela-sela peninjauan kesiapan pengamanan mudik Lebaran 2022.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kiri) berbincang bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kanan) disela-sela peninjauan kesiapan pengamanan mudik Lebaran 2022. (ANTARAFOTO/Ibnu Chazar)

Related Topics