NEWS

Jokowi Telepon Putin, Apa Saja yang Dibahas?

Inisiatif kontak pertama muncul dari pihak Indonesia.

Jokowi Telepon Putin, Apa Saja yang Dibahas?ANTARA FOTO/Biro Pers - Muchlis Jr/hma/pras
29 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menghadiri forum G20, ia pun dikabarkan melakukan percakapan telepon dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Meski belum ada keterangan detail tentang isi pembicaraan, namun Kantor Kepresidenan Rusia, melalui RIA Novosti menyatakan bahwa kedua pemimpin menyepakati kontak lebih lanjut dengan inisiatif yang muncul dari pihak Indonesia.

“Atas permintaan Joko Widodo, Vladimir Putin menguraikan penilaian Rusia terkait situasi di Ukraina dalam konteks operasi militer khusus yang sedang berlangsung,” kata Rusia dalam pernyataan resminya, Kamis (28/4).

Pembahasan terkait KTT G20

Para pemimpin dunia berkumpul untuk sesi foto resmi pada hari pertama KTT G20 di pusat konvensi La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021).
ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Ludovic Marin

Laporan tersebut juga mengungkap, pembicaraan Jokowi dan Putin berkutat pada sejumlah isu global, termasuk kemajuan persiapan KTT G20.

“Masalah kerja sama Rusia-Indonesia dibahas, serta, dengan mempertimbangkan kepemimpinan Jakarta di G20, berbagai aspek kegiatan Indonesia dan Rusia di G20,” tulis Rusia dalam laporannya.

Seperti diketahui, imbas serangan Rusia ke Ukraina, sejumlah negara barat, termasuk Amerika Serikat, menginginkan Rusia didepak dari forum G20 di Indonesia. AS bahkan sempat menyatakan akan memboikot sejumlah pertemuan G20 bila terdapat perwakilan Rusia dalam forum kerja sama ekonomi tersebut.

Jokowi undang Presiden Ukraina ke KTT G20

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. (Wikimedia Commoms)

Related Topics