NEWS

Daftar Kerja Sama Ekonomi RI-Korsel yang Ingin Diperkuat Jokowi

Indonesia-Korsel adalah mitra strategis di banyak bidang.

Daftar Kerja Sama Ekonomi RI-Korsel yang Ingin Diperkuat JokowiKeterangan pers bersama, Presiden Jokowi dan Presiden Yoon Seok-yeol, usai pertemuan. Kamis (28/7). (Tangkapan layar)_
29 July 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Korea Selatan, Yoon Seok-Yeol dalam kegiatan lawatannya yang terakhir ke kawasan Asia Timur. Keduanya membahas mengenai penguatan kerjasama Indonesia-Korea Selatan di berbagai bidang, terutama ekonomi.

Presiden Jokowi mengatakan, Korea Selatan merupakan mitra penting bagi Indonesia di kawasan Asia Timur. “Indonesia dan Korea Selatan adalah mitra strategis khusus, dan tahun depan kita akan memperingati 50 tahun persahabatan dua negara kita,” ujarnya dalam keterangan pers bersama usai pertemuan, Kamis (28/7).

Indonesia maupun Korea Selatan, menyambut baik tren perdagangan bilateral yang terus meningkat dan sepakat untuk terus membuka akses pasar, mengatasi berbagai hambatan perdagangan, dan mempromosikan produk unggulan kedua negara.

Implementasi konkret dari kerja sama

Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. (Tangkapan layar)

Jokowi menyampaikan bahwa implementasi konkret dari Indonesia-Korea Economic Partnership Agreement akan mendorong pemenuhan berbagai target yang telah disepakati. Terlebih, investasi Korea Selatan di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dengan prospek yang baik.

“Khususnya di beberapa bidang, termasuk industri baja, petrokimia, baterai kendaraan listrik, industri kabel listrik, dan telekomunikasi, serta garmen dan energi terbarukan,” kata Jokowi.

Secara khusus, pemerintah kembali mendorong investasi Korea Selatan masuk ke Indonesia dalam berbagai bidang, seperti percepatan pembangunan ekosistem mobil listrik, terutama proyek baterai listrik terintegrasi dengan pertambangan dan industri baja otomotif untuk kendaraan listrik.

Korsel bantu pengembangan IKN Nusantara

Presiden Indonesia dan Korea Selatan bersalaman, setelah konferensi pers bersama.
Presiden Indonesia dan Korea Selatan bersalaman, setelah konferensi pers bersama. (Tangkapan layar)

Related Topics