NEWS

Pacu Konsumsi, Jokowi Minta Izin Event Seni dan Olahraga Tak Dihambat

Berbagai event ini mampu meningkatkan belanja masyarakat.

Pacu Konsumsi, Jokowi Minta Izin Event Seni dan Olahraga Tak DihambatPresiden Jokowi saat membuka Rakernas APPSI, di Balikpapan, Kamis (23/2). (Tangkapan layar)
23 February 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk tidak menghambat izin penyelenggaraan event seni dan olahraga. Diperkirakan pada 2023, ada kurang lebih 3.000 event olahraga dan seni.

Gelaran acara olahraga dan seni memiliki dampak besar pada pertumbuhan ekonomi nasional, salah satunya belanja masyarakat.

"Saya sudah titip ke Kapolri, sekarang saya ketemu para Gubernur, Wakil Gubernur, dan Sekda, untuk izin-izin masalah ini jangan ada yang dihambat, karena menyangkut belanja masyarakat,” ujarnya saat membuka Rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia, di Balikpapan, Kamis (23/2).

Problemnya, kata Jokowi, beberapa Event Organizer (EO) mengeluhkan kecepatan perizinan yang begitu lambat, di mana izin baru keluar 2-3 hari sebelum pelaksanaan acara. “Izin itu minimal 1 bulan sebelumnya sudah bisa keluar, syukur-syukur bisa 2 bulan sebelumnya, sehingga yang memiliki acara itu bisa mempromosikan acaranya dengan baik,” ujarnya.

Rumusnya saat ini, menurut Presiden, adalah ‘mendorong masyarakat untuk belanja’, bukannya hemat. “Karena kita membutuhkan pertumbuhan ekonomi tetap terjaga dan kalau bisa naik,” ucapnya.

Wisata desa

Desa Wisata Sembungan, Wonosobo.
Desa Wisata Sembungan, Wonosobo. (dok. Kemenparekraf)

Jokowi juga menyampaikan bahwa wisata desa di daerah-daerah pun bisa jadi pemicu pertumbuhan ekonomi, baik bagi negara dan masyarakat.  Untuk itu, jangan sampai ada pemerintah daerah yang menahan-nahan perrkembangannya. “Ini juga belanja yang nantinya menyangkut konsumsi rumah tangga, konsumsi masyarakat,” katanya.

Jokowi mengharapakan segenap jajaran pemerintah daerah mulai memperhatikan hal ini dan bergerak mempromosikan berbagai keunggulan wisata perdesaan di daerahnya. Bila masyarakat akhirnya datang ke berbagai tempat di perdesaan ini dan membelanjakan uangnya, maka yang merasakan keuntungan nantinya juga warga masyarakat di desa, misalnya melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Dana Rp690 triliun tertahan

MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Related Topics