NEWS

Jokowi Paparkan 3 Poin Kerja Sama Segitiga Emas ASEAN

Ketiga negara punya peran penting bagi kawasan ASEAN.

Jokowi Paparkan 3 Poin Kerja Sama Segitiga Emas ASEANPresiden Jokowi menghadiri KTT IMT-GT ke-14. (dok. Setkab)
11 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dalam rangkaian acara KTT ASEAN di Kamboja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan pemimpin negara di subkawasan segitiga emas ASEAN. Pertemuan itu membahas Pengesahan Cetak Biru 2022-2026 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT). Jokowi mengatakan, ada tiga poin utama yang menjadi fokus perhatiannya. 

Oleh karenanya, dukungan pemerintah dan stakeholders dalam implementasi di lapangan sangatlah menentukan. “Sepanjang 2014-2021, GDP IMT-GT meningkat sebesar 39 persen bahkan di masa pandemi. Ke depan komitmen ini harus diperkuat terlebih pada kondisi dunia yang semakin kompleks dengan ancaman resesi global tahun 2023,” kata Jokowi.

Berikut ini adalah tiga fokus utama yang bisa dilakukan ketiga negara di subkawasan segitiga emas ASEAN:

Membangkitkan sektor pariwisata subkawasan

Grand palace dan Wat phra keaw saat matahari terbenam Bangkok, Thailand.
Shutterstock/SOUTHERNTraveler

Menurut Presiden Jokowi hal ini sangat mendesak karena sektor pariwisata turun drastis hingga di atas 90 persen dalam dua tahun terakhir. “Cara baru harus dicari melalui akselerasi teknologi digital dalam pemasaran, pengembangan pariwisata yang tangguh dan berkelanjutan, dan peluncuran inisiatif IMT-GT Visit Year 2023-2025 sebagai platform pemasaran dan promosi bersama,” kata Jokowi.

Jokowi juga mendorong agar wisata halal dapat dikembangkan sebagai bagian dari target menjadi global halal hub dengan nilai pasar US$7 triliun pada tahun 2030.

Percepatan pembangunan infrastruktur

negara Malaysia
ilustrasi negara Malaysia (unsplash.com/Esmonde Yong)

Related Topics