NEWS

Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Jokowi: Bisa Mereduksi Banjir

Jokowi sebut bendungan banyak manfaatnya untuk masyarakat.

Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Jokowi: Bisa Mereduksi BanjirBendungan Kuwil Kawangkoan. (Tangkapan Layar)
19 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan bahwa Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara penting untuk mereduksi banjir, selain keperluan irigasi lahan pertanian.

Dibangun sejak tahun 2016 ini memiliki kapasitas 26 juta meter kubik. “Kalau enggak dihentikan di sini, airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir, seperti kita ingat pernah 2014 di Manado pernah banjir bandang,” katanya saat meresmikan bendungan tersebut, Kamis (19/1).

Bendungan ini juga dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro. “Bendungan Kuwil ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro, yang menghasilkan tenaga listrik 2 kali 0,70 megawatt. Meskipun kecil, tetapi bisa menjadi pembangkit listrik tenaga mikrohidro,” ujarnya.

Jokowi mengatakan, Bendungan Kuwil bisa menambah pasokan air baku bagi Provnsi Sulawesi Utara, khususnya Kota Manado, Kota Bitung, dan Kabupaten Minahasa Utara.

Akan terus bertambah

Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan.
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan. (Tangkapan layar)

Bendungan Kuwil sudah dibangun lima setengah tahun dengan anggaran yang mencapai Rp1,9 triliun. Bendungan ini mampu menampung 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektare.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menegaskan pemerintah akan terus menambah berbagai infrastruktur perairan di Sulawesi Utara. Pada Maret atau April mendatang, menurutnya akan segera beroperasi satu bendungan lagi, yaitu Bendungan Lolak.

“Semakin banyak bendungan semakin baik, karena air tidak dibiarkan masuk ke laut tetapi ditampung untuk keperluan kita semuanya," katanya. 

Manfaat pariwisata

Direktur Bendungan dan Danau Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Airlangga Mardjono.
Direktur Bendungan dan Danau Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Airlangga Mardjono. (Tangkapan layar)

Related Topics