NEWS

Jokowi Sebut Ekonomi Kreatif Harus Dipacu Jadi Sektor Masa Depan

Ekonomi kreatif bisa jadi kekuatan ekonomi yang inklusif.

Jokowi Sebut Ekonomi Kreatif Harus Dipacu Jadi Sektor Masa DepanPresiden Jokowi saat membuka Third Edition of World Conference on Creative Economy, di Bali, Kamis (6/10). (dok. Setkab)
06 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa sektor ekonomi kreatif akan menjadi tulang punggung ekonomi dunia di masa depan, sehingga pertumbuhannya harus terus dipacu. 

Menurutnya, karya industri kreatif  mudah melampaui batas-batas negara tatkala teknologi digital memudahkan untuk berbagi suara, gambar, dan video. Industri kreatif tidak lagi menjadi produk lokal yang dikonsumsi masyarakat lokal.

"Tetapi industri kreatif dengan mudah menjadi produk global yang mudah dinikmati oleh masyarakat lintas negara,” ujar Jokowi saat membuka Third Edition of World Conference on Creative Economy, di Bali, Kamis (6/10).

Ekonomi kreatif di Indonesia dan dunia akan semakin kuat dan diperhitungkan sebagai kekuatan ekonomi yang inklusif. Oleh karena itu, ekonomi kreatif kini menjadi solusi meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas dan berkelanjutan. Kehadirannya bahkan mampu mendobrak batas geografis, gender, ras, dan strata ekonomi.

Produk industri kreatif

Third Edition of World Conference on Creative Economy, di Bali, Kamis (6/10).
Third Edition of World Conference on Creative Economy, di Bali, Kamis (6/10). (Tangkapan layar)

Jokowi menambahkan, hampir semua keindahan, kemudahan hidup adalah produk dari industri kreatif, semisal pemukiman, makanan, musik hingga seni pertunjukan yang eksotik adalah karya industri kreatif. Bahkan, berbagai aplikasi digital juga karya ekonomi kreatif.

Sektor ekonomi kreatif relatif mampu bertahan di era pandemi dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya. Beberapa subsektor ekonomi kreatif seperti aplikasi dan pengembang permainan, televisi dan radio, bahkan tumbuh signifikan dipicu konsumsi konten yang meningkat signifikan selama pandemi. 

Peran Indonesia

Presiden Jokowi dan Menparekraf Sandiaga Uno di Third Edition of World Conference on Creative Economy.
Presiden Jokowi dan Menparekraf Sandiaga Uno di Third Edition of World Conference on Creative Economy. (Tangkapan layar)

Related Topics