NEWS

Jokowi Sebut Multilateralisme Efektif Untuk Hadapi Tantangan Global

Kemampuan tiap negara berbeda dalam hadapi tantangan global.

Jokowi Sebut Multilateralisme Efektif Untuk Hadapi Tantangan GlobalSidang the 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit. (Tangkapan layar)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

07 October 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa multilateralisme–kerja sama antara lebih dari dua negara–adalah jalan paling efektif untuk menghadapi berbagai tantangan global.

Tak hanya itu, setiap negara menurutnya perlu menurunkan ego masing-masing, mengatasi perbedaan dan memperbanyak dan memperkuat titik temu. "Untuk mendorong pemulihan ekonomi dunia, serta mengatasi krisis lebih efektif,” ujar Jokowi saat membuka Sidang the 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit, Kamis (6/10).

Ia menyampaikan tak ada satu pun masalah di dunia ini yang bisa diselesaikan sendiri oleh satu negara. “Kita harus mau duduk bersama, berbicara, dan membangun jembatan dialog, sehingga menemukan jalan keluar dari berbagai persoalan yang kita hadapi,” kata Jokowi.

Kemampuan tiap negara berbeda

Presiden Jokowi saat membuka Sidang the 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit.Presiden Jokowi saat membuka Sidang the 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit. (Tangkapan layar)

Ia mengatakan, setiap negara memiliki kemampuan yang berbeda dalam menghadapi berbagai tantangan global. “Ada negara yang mampu bertahan dan memiliki resiliensi yang tinggi, tapi banyak juga negara yang terancam menjadi negara gagal, yang berdampak pada jutaan warganya, serta memperlebar ketidakseimbangan ekonomi global,” ujarnya.

Dengan tantangan dunia semakin berat, mulai dari pandemi, konflik geopolitik, sampai krisis energi, pangan, sampai keuangan, pada saat yang bersamaan, semua negara akan menghadapi dampak perubahan iklim yang juga menimbulkan gangguan pada produksi pangan, sehingga ancaman kelaparan muncul di depan mata. 

Peran strategis Parlemen G20

Sidang the 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit.Sidang the 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit. (Tangkapan layar)