NEWS

Jokowi Ajak Pemerintah dan Parlemen Antarnegara ASEAN Bersinergi

Perpecahan antarnegara ASEAN hanya akan lemahkan kawasan.

Jokowi Ajak Pemerintah dan Parlemen Antarnegara ASEAN BersinergiJokowi hadiri pertemuan pemimpin ASEAN dan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPAA). (Tangkapan layar)
11 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak pemerintah dan parlemen negara Asia Tenggara (ASEAN) untuk bersinergi dalam memperkokoh kesatuan dan sentralitas kawasan di tengah situasi global saat ini. 

Menurutnya, kredibilitas dan relevasi ASEAN diuji di tengah tantangan ini, bila ASEAN gagal jadi solusi, kredibilitas dan relevansinya akan terus dipertanyakan.

"Pemerintah dan parlemen harus bersinergi untuk memperkokoh kesatuan dan sentralitas ASEAN,” kata Jokowi dalam pertemuan pemimpin ASEAN dan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPAA) di Hotel Sokha Phnom Penh, Kamboja, pada Kamis (10/11).

Dia mengatakan, negara kawasan ASEAN seharusnya sudah teruji dengan berbagi krisis yang pernah terjadi, sehingga demokrasi dan situasi kemanusiaan harus jadi fokus untuk bisa jadi solusi–baik di antara negara-negara ASEAN maupun dunia. “Peran ASEAN untuk menyelesaikannya, dinanti rakyat kita dan dunia, jadi perlu dapat perhatian khusus parlemen negara ASEAN,” kata Jokowi.

Navigasi rivalitas kekuatan besar dunia di ASEAN

Jokowi hadiri pertemuan pemimpin ASEAN dan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPAA).
Jokowi hadiri pertemuan pemimpin ASEAN dan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPAA). (Tangkapan layar)

Jokowi menyampaikan bahwa ASEAN dituntut untuk menavigasi rivalitas kekuatan besar yang makin tajam. Apalagi, isu dinamika geopolitik di kawasan cukup berpotensi menjadi batu sandungan bagi persatuan.

“Kita tidak ingin melihat perang di kawasan, perang akan menjauhkan cita-cita kita Indo-Pasifik sebagai epicentrum of growth,” ujarnya.

Untuk itu, setiap negara ASEAN perlu menyadari akan pentingnya menjaga persatuan antarnegara di kawasan ini. Menurutnya, kondisi dunia yang makin mengkhawatirkan dan dinamika geopolitik kawasan menguji kredibilitas dan relevansi negara anggota ASEAN.

Kawasan di belahan tenggara Asia ini perlu mempertahankan independensinya di tengah rivalitas berbagai kekuatan besar dunia.

ASEAN yang lebih kuat

Pertemuan pemimpin ASEAN dan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPAA).
Pertemuan pemimpin ASEAN dan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPAA). (Tangkapan layar)

Related Topics