NEWS

Respons Masalah Gagal Ginjal Akut, Jokowi: Ini Masalah Besar

Rasio kematian akibat gagal ginjal akut mencapai 57,6%.

Respons Masalah Gagal Ginjal Akut, Jokowi: Ini Masalah BesarPresiden Jokowi memimpin rapat terkait kasus gagal ginjal akut di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (24/10). (dok. Setkab)
25 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons temuan kasus gagal ginjal akut yang banyak menyerang anak-anak beberapa waktu terakhir. Ia meminta masalah tersebut tak dianggap sepele dan memerlukan sejumlah tindakan. 

"Jangan menganggap ini masalah kecil. Ini adalah masalah besar,” katanya dalam rapat internal yang dihadiri sejumlah menteri di Istana Negara, Senin (25/10). 

Kasus ini diduga disebabkan oleh tingginya cemaran bahan pelarut di atas ambang batas yang ditetapkan, seperti propilen glikol, polietilen glikol, dan lain-lainnya. Berdasarkan data hingga 23 Oktober 2022, tercatat sudah 245 kasus gagal ginjal akut di 26 provinsi. 

Jokowi menginstruksikan Menteri Kesehatan untuk menghentikan sementara peredaran obat sirup yang diduga mengandung bahan kimia penyebab gagal ginjal, sembari menunggu investigasi lanjutan yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). “Lakukan ini secara terbuka, transparan, tapi juga hati-hati dan objektif,” katanya.

Tarik dari peredaran

Presiden Jokowi dalam rapat tentang kasus gagal ginjal akut di Istana Bogor, (24/10).
Presiden Jokowi dalam rapat tentang kasus gagal ginjal akut di Istana Bogor, (24/10). (Tangkapan layar)

Jokowi juga menginstruksikan BPOM untuk segera menarik dan menghentikan peredaran obat yang terbukti mengandung bahan kimia penyebab gangguan ginjal tersebut. Ia juga menginginkan nama produk yang berbahaya bagi kesehatan tersebut diumumkan secara luas.

Ia juga minta Kementerian Kesehatan untuk mengeksplorasi dan memastikan berbagai penyebab kasus gagal ginjal. “Kita ini harus pastikan betul. Uji klinis harus dilakukan. Laboratorium seluler pada organ ginjal yang terdampak juga betul-betul dilihat betul, sehingga kita bisa memastikan apa yang menjadi penyebab dari gagal ginjal, terutama pada anak,” ucapnya.

Pengobatan gratis

obat sirup
ilustrasi obat sirup (freepik.com/user18526052)

Related Topics