NEWS

Jokowi Minta Kerja Sama ASEAN-Uni Eropa Utamakan Prinsip Kesetaraan

ASEAN-Uni Eropa maju bersama dan maju setara.

Jokowi Minta Kerja Sama ASEAN-Uni Eropa Utamakan Prinsip KesetaraanPresiden Jokowi saat beri sambutan di KTT ASEAN-Uni Eropa, di Brussel, Belgia, Rabu (14/12). (Tangkapan layar)
15 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa kerja sama antara negara Asia Tenggara (ASEAN) dan Uni Eropa harus mengutamakan prinsip kesetaraan.

Menurutnya, kerja sama yang selama ini berjalan memang seringkali menghadapi banyak tantangan, namun perbedaan tersebut harus bisa diselesaikan. “Tidak boleh ada pemaksaan, tidak boleh lagi ada pihak yang selalu mendikte dan beranggapan bahwa my standard is better than yours,” ujar Jokowi di hadapan peserta konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Uni Eropa di Brussel, Belgia, Rabu (14/12).

Menurut Presiden, KTT ASEAN-Uni Eropa yang juga menandai 45 tahun kerja sama kedua regional ini merupakan tonggak untuk terus maju bersama sekaligus memastikan kemajuan yang merata. Apalagi, pandemi dan krisis multidimensi yang tengah dihadapi dunia mengajarkan bahwa tumbuh bersama menuju sejahtera adalah satu-satunya pilihan terbaik.

Pertumbuhan pesat ASEAN

Presiden Jokowi saat beri sambutan di KTT ASEAN-Uni Eropa, di Brussel, Belgia, Rabu (14/12).
Presiden Jokowi saat beri sambutan di KTT ASEAN-Uni Eropa, di Brussel, Belgia, Rabu (14/12). (Tangkapan layar)

Jokowi juga menyampaikan, Asia Tenggara sudah menjadi kawasan dengan ekonomi yang kuat serta menjadi episentrum pertumbuhan dunia. Oleh karena itu, bekerja sama dengan negara-negara di kawasan ASEAN bisa jadi kerja sama antarnegara yang saat ini paling menguntungkan.

Pada September lalu, dewan bisnis ASEAN-Uni Eropa mengeluarkan hasil survei tentang persepsi bisnis di ASEAN. Hasilnya, sebanyak 63 persen responden melihat ASEAN sebagai kawasan dengan kesempatan ekonomi terbaik; 69 persen responden mengharapkan pasar ASEAN menjadi lebih penting dari aspek pendapatan global dalam dua tahun ke depan.

"97 persen responden berharap adanya percepatan perundingan FTA (Free Trade Area) ASEAN-Uni Eropa dan anggotanya,” ujarnya. 

Besaran kerja sama ASEAN-Uni Eropa

Presiden Jokowi didampingi Wapres Ma’ruf Amin dan pejabat lainnya dalam keterangan pers di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (13/12).
Presiden Jokowi didampingi Wapres Ma’ruf Amin dan pejabat lainnya dalam keterangan pers di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (13/12). (dok. Setpres)

Related Topics