NEWS

Jokowi: Tol Pekanbaru-Padang Tumbuhkan Daya Saing Produk di Riau

Keberadaan jalan tol akan persingkat waktu tempuh.

Jokowi: Tol Pekanbaru-Padang Tumbuhkan Daya Saing Produk di RiauPresiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang, Seksi Pekanbaru-Bangkinang, Rabu (4/1). (dok. Setpres)
05 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi), optimistis keberadaan infrastruktur Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang akan menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di Riau.

Jokowi berharap dengan keberadaan jalan tol yang ada ini, maka kecepatan mobilitas orang, barang, dan jasa semakin baik. Dengan demikian, daya saing produk-produk yang ada di provinsi Riau pun akan semakin tumbuh.

“Kita harapkan juga bisa menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, dan pada akhirnya nanti akan membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan pada masyarakat,” ujar Jokowi saat meresmikan Seksi Pekanbaru-Bangkinang, Rabu (4/1).

Terus menyambung

Presiden Jokowi saat memberikan keterangan kepada media usai meresmikan ruas tol Pekanbaru-Bangkinang,  Rabu (4/1).
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan kepada media usai meresmikan ruas tol Pekanbaru-Bangkinang, Rabu (4/1). (Tangkapan layar)

Jokowi mengatakan, jalan tol Pekanbaru-Dumai yang terlebih dahulu dioperasikan di Riau memiliki volume lalu lintas yang cukup tinggi, hingga di atas 8.000 kendaraan per hari. “Nanti akan disambungkan lingkar Pekanbaru, sehingga Dumai-Pekanbaru-Bangkinang akan sambung, terus ke arah Padang,” katanya.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan bahwa ruas Pekanbaru-Bangkinang terbentang sepanjang 30,9 km dan menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun. Dengan adanya ruas baru ini, waktu tempuh Pekanbaru-Bangkinang yang biasa ditempuh dalam waktu 1,5 jam, kini bisa dicapai hanya dalam 23 menit.

Ekonomi menggeliat

Kunjungan Jokowi ke Pasar Bawah, Pekanbaru, Riau. Rabu (4/1).
Kunjungan Jokowi ke Pasar Bawah, Pekanbaru, Riau. Rabu (4/1). (dok. Setpres)

Related Topics