NEWS

Jokowi Ungkap Tiga Agenda Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

ASEAN Matters, Epicentrum of Growth.

Jokowi Ungkap Tiga Agenda Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023Presiden Jokowi dalam Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1). (dok. Setpres)
30 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, Indonesia akan mengusung tiga agenda penting dalam keketuaan ASEAN 2023 ini.

“Yang pertama ASEAN harus relevan terhadap kepentingan-kepentingan rakyat, juga kawasan, dan juga dunia. Yang kedua, stabilitas dan perdamaian di Indo-Pasifik, ASEAN harus berkontribusi besar. Dan, yang ketiga, ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi,” kata Presiden usai Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1).

Sebagai Ketua ASEAN, Indonesia harus menumbuhkan optimisme, terutama di kawasan, meskipun situasi global tidak mendukung, situasi dunia masih belum pasti, geopolitik, krisis ekonomi, krisis pangan dan krisis energi. 

Komitmen

Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1).
Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1). (dok. Kemlu)

Presiden mengatakan bahwa melalui pengalaman presidensi G20, keketuaan Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan kontribusi ASEAN, baik dalam bidang perdamaian maupun pertumbuhan ekonomi.

“ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik. Bahwa ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN Matters, Epicentrum of Growth,” katanya.

Dua elemen utama

Menlu Retno LP Marsudi di acara Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1).
Menlu Retno LP Marsudi di acara Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1). (Dok. Kemlu)

Related Topics