NEWS

Kadin Perkirakan Perputaran Uang Saat Libur Lebaran 2022 Capai Rp42 T

Prokes tetap harus ketat, agar kasus Covid tak melonjak.

Kadin Perkirakan Perputaran Uang Saat Libur Lebaran 2022 Capai Rp42 TPedagang menggelar lapak jualannya di bahu Jalan Raya Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/4). (ANTARAFOTO/Satria Wijaya)
02 May 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah, Sarman Situmorang, mengatakan perputaran uang selama libur Lebaran 2022 diperkirakan akan berkisar Rp28-42 triliun.

“Dengan asumsi jika jumlah yang mudik sekitar 85 juta orang, dan rata-rata per keluarga tiga orang, maka jumlah yang mudik lebih kurang 28 juta keluarga. Jika rata-rata per keluarga membawa minimal Rp1 juta, maka uang yang mengalir ke daerah paling sedikit Rp28 triliun, jika membawa Rp1,5 juta per keluarga, maka potensi perputaran di kisaran Rp42 triliun,” kata Sarman dalam sebuah keterangan yang dikutip pada Senin (2/5).

Ia mengatakan bahwa perkiraan uang yang berputar ini paling banyak mengalir di Pulau Jawa, dengan persentase sekitar 58 persen. Kemudian, diperkirakan akan menjalar hingga wilayah Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Maluku, serta Papua.

Meningkatnya ekonomi dan produktivitas usaha masyarakat daerah

Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym)

Dengan kondisi keuangan masyarakat yang masih dalam pemulihan akibat pandemi yang masih berlangsung, Sarman berharap perputaran uang ini akan menggerakkan perekonomian masyarakat daerah dan meningkatkan produktivitas berbagai sektor usaha.

Menurutnya, perputaran uang ini dapat menggenjot tumbuhnya konsumsi rumah tangga dan berkontribusi menumbuhkan ekonomi nasional di kuartal II/2022, yang ditargetkan mencapai 7 persen. “Jika hal ini tercapai, tentu akan dapat memberikan kontribusi terhadap target pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2022 sebesar 5-5,5 persen,” ujarnya.

Protokol kesehatan tetap harus disiplin dilakukan

Calon penumpang menunggu kedatangan keretanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (7/4).
Calon penumpang menunggu kedatangan keretanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (7/4). (ANTARAFOTO/Sigid Kurniawan)

Related Topics