NEWS

Kemenparekraf Siapkan Side Events Dukung Presidensi G20 Indonesia

Side events diprogramkan secara substantif dan non-subtantif

Kemenparekraf Siapkan Side Events Dukung Presidensi G20 IndonesiaIlustrasi Bali Shutterstock/DavideAngelini
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) siap meluncurkan sejumlah side events untuk mendukung presidensi G20 di Indonesia. Side events ini akan dirilis dalam dua kategori, yakni side event substantif dan non-substantif.

“G20 akan lebih terasa dampaknya kepada masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif kalau kita perbanyak side-side event dan pengelolaanya," kata Menparekraf Sandiaga Uno dikutip dari laman Kemenparekraf, Selasa (19/4).

Sandiaga menjelaskan, side event substantif merupakan program-program Kemenparekraf yang sejalan dengan isu Tourism Working Group of G20 Presidency Indonesia.

Contoh program subtantif, antara lain pertemuan para investor Asia dan penyedia sumber daya di seluruh dunia dalam ‘Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) Conference 2022’ dan ‘World Conference On Creative Economy (WCCE)’ yang digelar di Bali, maupun ‘International Wellness Tourism Conference & Festival (IWTCF)’ di Solo.

Sementara, program non-subtantif merupakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia, misalnya melalui penawaran paket wisata (excursion & pre/post tour) untuk delegasi Presidensi G20 Indonesia.

Side events bisa dorong kebangkitan ekonomi masyarakat

Menparekraf, Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (18/4).Menparekraf, Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (18/4). (Tangkapan layar)

Sandiaga Uno berharap, sejumlah side events ini bisa berdampak luas bagi masyarakat, terutama para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Dia pun memperkirakan, gelaran side events mampu mendorong kebangkitan ekonomi, terciptanya peluang usaha baru, dan pembukaan lapangan kerja. 

"Rangkaian program side event dan ‘road to’ dari Kemenparekraf pada Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 adalah upaya meningkatkan jumlah delegasi atau peserta untuk hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan main event maupun side events," ucap Sandiaga.

Keterlibatan masyarakat luas di rangkaian G20

ilustrasi : Logo Presidensi G20 Indonesia 2022ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww