NEWS

Survei Kemenparekraf: Wisata Pantai Jadi Tujuan Favorit Libur Lebaran

Pelaku usaha wisata diminta bersiap hadapi Lebaran 2023.

Survei Kemenparekraf: Wisata Pantai Jadi Tujuan Favorit Libur LebaranPantai Ancol, Jakarta Utara. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
18 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengungkapkan destinasi pantai jadi tujuan favorit pada libur Lebaran 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa dari survei yang diadakan Kemenparekraf, menunjukkan  dari masyarakat yang akan mudik, sebanyak 64,5 persen berencana akan berlibur ke area pantai. “Beberapa destinasi yang jadi favorit adalah Pulau Jawa, Sulawesi, Lampung, dan Sumatera, durasi wisatanya 2-4 hari,” ujarnya dalam Weekly Press Briefing, Senin (17/4).

Para wisatawan, tak sekadar ingin pergi ke pantai terkenal, seperti Ancol. Tapi, tujuan pantai di selatan Jawa, seperti Pangandaran atau Anyer dan Carita, berpotensi menjadi destinasi pantai yang akan banyak dikunjungi para pemudik.

Potensi ekonomi

Menparekraf, Sandiaga Uno.
Menparekraf, Sandiaga Uno. (Tangkapan layar)

Oleh sebab itu, Sandiaga mengimbau para pelaku usaha wisata dan ekonomi kreatif untuk bersiap dan mengantisipasi potensi lonjakan kunjungan. Apalagi, pemerintah memprediksi lonjakan pemudik tahun ini mencapai 44,2 persen, dari 85,5 juta di tahun lalu menjadi 123,8 juta tahun ini.

“Dengan asumsi basis pengeluaran wisatawan nusantara pada mudik lebaran periode 2019-2021, sekitar Rp1,94 juta per pax, maka diproyeksikan perputaran ekonomi naik estimasi awal Rp150 triliun menjadi Rp240,1 triliun di tahun 2023,” ujar Sandiaga.

Dengan proyeksi ini, pemerintah menyiapkan seluruh protokol CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Keberlanjutan Lingkungan). “Karena itu, mudik tahun ini pemerintah memakai tema nasional ‘Mudik Aman Berkesan 2023’, nah Kemenparekraf dengan ‘Mudik Asyik, Ekonomi Pariwisata Optimis Bangkit’,” kata Sandiaga.

Hasil survei

description
Pantai Kuta di Lombok. Shutterstock//Mazur Travel

Related Topics