NEWS

Kementerian ESDM: Kewenangan Smelter PT GNI yang Meledak di Kemenperin

Ledakan smelter PT GNI tewaskan dua karyawan.

Kementerian ESDM: Kewenangan Smelter PT GNI yang Meledak di KemenperinSmelter PT GNI. (dok. PT GNI)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

29 December 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) angkat bicara perihal ledakan yang terjadi di smelter PT Gunbuster Nickel Industry (GNI)  di Morowali, Sulawesi Tengah, pada (22/12).

Kementerian ESDM mengatakan, tak punya kewenangan atas pengawasan smelter milik GNI. Kewenangan pengawasan tersebut merupakan ranah Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Hal ini dikarenakan izin yang dimiliki oleh PT GNI tercatat sebagai regulasi Izin Usaha Industri (IUI), yang berada di bawah Kemenperin.

“Jika smelter atau pabrik yang izinnya terintegrasi dengan tambangnya itu kewenangan Kementerian ESDM. Istilahnya Izin usaha pertambangan operasi produksi khusus pengolahan dan atau Pemurnian. Itu sudah tidak ada lagi di UU Nomor 3 tahun 2020," ujar Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Sunindyo Suryo Herdadi, dalam keterangan tertulis, Kamis (29/12).

Baru diresmikan

Ilustrasi kebakaran pabrik. (Pexels/Pixabay)

Smelter nikel yang meledak milik PT GNI diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Desember 2021. Smelter tersebut memiliki kapasitas produksi hingga 1,8 juta ton per tahun dan diyakini mampu meningkatkan nilai tambah komoditas nikel di dalam negeri. Adapun, pembangunan smelter nikel tersebut diketahui menelan investasi Rp42,9 triliun.

“Pembangunan smelter oleh PT Gunbuster Nickel Industry dan ini akan memberikan nilai tambah yang tidak sedikit dari bijih nikel yang diolah menjadi feronikel, ini nilai tambahnya meningkat 14 kali. Jika dari bijih nikel diolah menjadi billet stainless steel akan meningkat nilainya 19 kali lipat,” kata Jokowi saat peresmian smelter PT GNI.

Ledakan smelter

ilustrasi : nikel batanganShutterstock/AlexLMX