NEWS

Kurangi Kepadatan Penumpang KRL, Stasiun Matraman Mulai Beroperasi

Menhub berkomitmen untuk terus tingkatkan pelayanan.

Kurangi Kepadatan Penumpang KRL, Stasiun Matraman Mulai BeroperasiPenumpang berada di dalam gerbong KRL saat berhenti di Stasiun Matraman. (ANTARAFOTO/Aprilio Akbar)
20 June 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meresmikan operasional Stasiun Matraman yang akan menampung pergerakkan penumpang kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek

Menurutnya, Stasiun Matraman dapat menunjang mobilitas masyarakat sekaligus mengurai kepadatan penumpang yang akan naik turun KRL di daerah Matraman, Kampung Melayu, Jatinegara, dan Manggarai.

“Saat ini, pengguna kereta listrik Jabodetabek sudah 1,2 juta penumpang per hari. Ke depan akan terus kita tingkatkan hingga 2 juta penumpang per hari. Insya Allah dalam 2-3 tahun ini bisa kita lakukan,” kata Budi Karya, seperti dikutip dari laman Kemenhub, Senin (20/6).

Pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan angkutan masal KRL Jabodetabek, antara lain dengan membangun Double-Double Track (DDT), mempersingkat headway (waktu tunggu kedatangan antar kereta) menjadi 3 menit, dan merevitaliasi stasiun. Stasiun Matraman sendiri merupakan bagian dari Mega Proyek DDT Manggarai - Cikarang.

“Kami ingin angkutan massal menjadi angkutan prioritas bagi masyarakat. Saat ini kereta api sudah menjadi pilihan utama masyarakat, khususnya di wilayah perkotaan dan aglomerasi,” kata Budi Karya.

Mendukung UMKM

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam acara peresmian Bandara Trunojoyo, Rabu (20/4).
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam acara peresmian Bandara Trunojoyo, Rabu (20/4). (Tangkapan layar YouTube Setpres)

Selain meningkatkan kualitas pelayanan bagi para pengguna KRL, Menhub juga menyampaikan bahwa kehadiran infrastruktur transportasi seperti stasiun, bisa mendukung sektor lain, seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kami telah berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM, bersama PT KAI untuk pengalokasian area komersil di stasiun untuk UMKM,” ujarnya.

Untuk itu, Kemenhub bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, mengalokasikan 30 persen dari area komersial yang ada di berbagai fasilitas seperti stasiun, bagi UMKM. Hal ini pun disambut baik oleh masyarakat, terutama para pelaku UMKM.

Ramah bagi penyandang disabilitas

Jalur khusus penyandang disabilitas di Stasiun Matraman.
Jalur khusus penyandang disabilitas di Stasiun Matraman. (ANTARAFOTO/Reno Esnir)

Related Topics