NEWS

Apa itu Ekonomi Perang dan Bagaimana Penerapannya

Ekonomi perang mengacu ekonomi yang diterapkan saat perang.

Apa itu Ekonomi Perang dan Bagaimana PenerapannyaIlustrasi perang. (Pixabay/Defence-Imagery)
28 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Setiap negara memiliki kebijakan ekonomi yang dipersiapkan dalam menghadapi berbagai kondisi, termasuk dalam situasi perang sekalipun. Konsep ekonomi perang bahkan pernah diterapkan sejumlah negara beberapa tahun lalu.  

Perang merupakan sebuah situasi yang tidak murah, karena membutuhkan sumber daya–baik manusia, peralatan, dan biaya–yang besar. Lantas apakah yang dimaksud ekonomi perang? 

Menurut Investopedia, ekonomi perang adalah pengorganisasian kapasitas produksi dan distribusi suatu negara selama masa konflik. Sebuah negara, membutuhkan pengelolaan ekonomi khusus yang ditujukan untuk mengakomodasi kebutuhan produksi pertahanan.

Dalam ekonomi perang, pemerintah harus memilih bagaimana mengalokasikan sumber daya negara mereka dengan sangat hati-hati untuk mencapai kemenangan militer sambil juga memenuhi tuntutan konsumen domestik yang vital. Tujuannya adalah kemenangan dalam perang dan bisa memenuhi target sesuai kepentingan negara tersebut.

Apa itu Ekonomi Perang

Ilustrasi Perang Rusia Ukraina. Shutterstock/Viacheslav Lopatin
Ilustrasi Perang Rusia Ukraina. Shutterstock/Viacheslav Lopatin

Ekonomi perang biasanya terkait langsung dengan pengelolaan ekonomi negara yang sedang dalam situasi perang, seperti Rusia dan Ukraina. Lebih spesifik dari ekonomi pada umumnya, prioritas ekonomi perang adalah produksi barang dan jasa yang bisa mendukung upaya perang. Meski begitu, negara juga harus tetap fokus untuk memperkuat ekonomi negara secara keseluruhan.

Dalam ekonomi perang, pemerintah biasanya memegang kendali penuh atas pemanfaatan berbagai sumber daya, termasuk efektifitas dan efisiensi yang dilakukan saat mengalokasikannya dalam perang dan pertahanan. Tiap negara punya strategi masing-masing dalam menerapkan ekonomi perangnya, yang pasti kepentingan perang selalu jadi prioritas dalam ekonomi perang.

Ekonomi perang sering muncul karena kebutuhan ketika suatu negara merasa perlu menjadikan pertahanan nasional sebagai prioritas, sehingga seringkali menunjukkan adanya kemajuan industri, teknologi, dan medis. Sebab, negara yang berperang bersaing di bawah tekanan untuk menciptakan produk pertahanan lebih baik dengan biaya yang lebih murah. Namun, karena prioritas ini, ekonomi perang juga dapat menjadi penyebab penurunan pembangunan dan produksi dalam negeri, bagi warga sipil.

Contoh ekonomi perang

The west side of the Marine Corps War Memorial in Arlington County, Virginia.
The west side of the Marine Corps War Memorial in Arlington County, Virginia. (Wikimedia Commons/Famartin)

Related Topics