NEWS

Gelar Pasar Tani, Kementan Bantu Penuhi Stok Pangan Jelang Lebaran

Pasar Tani menjual 12 komoditas bahan pokok.

Gelar Pasar Tani, Kementan Bantu Penuhi Stok Pangan Jelang LebaranMenteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. (dok. kementan)
27 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Pasar Tani Bazar Ramadan di sejumlah provinsi di Indonesia. Acara ini digelar untuk membantu ketersediaan stok pangan menjelang perayaan Lebaran 2022.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, mengatakan bahwa acara ini mempertemukan masyarakat yang butuh stok pangan murah dengan pengusaha lokal.

“Dinamika harga pasti ada, tapi secara umum dari 12 komoditas itu dari data, validasinya, kemudian faktualisasi di lapangan, semua pejabat ada di lapangan sekarang, dan sesuai apa yang dilaporkan situasinya ada cukup,” ujarnya seperti dikutip dari laman Kementan, Rabu (27/4).

Menteri Syahrul menyampaikan bahwa Pasar Tani Bazar Ramadan berlangsung mulai Selasa (26/4) hingga Jumat (29/4). Acara yang diselenggarakan di beberapa provinsi lain di Indonesia ini diharapkan bantu masyarakat mendapatkan manfaat dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari, terutama menjelang Lebaran 2022.

Pasar Tani rutin digelar Kementan

Pedagang di Pasar Mandonga, Kendari, Sulawesi Tenggara, sedang menunjukkan cabai yang harganya sedang naik, Senin (28/2).
Pedagang di Pasar Mandonga, Kendari, Sulawesi Tenggara, sedang menunjukkan cabai yang harganya sedang naik, Senin (28/2). (ANTARAFOTO/Jojon)

Pasar Tani merupakan Gerakan Kementan untuk memastikan ketersediaan dan kestabilan 12 komoditas utama selama bulan Ramadan. “Kami gelar Pasar Tani di 34 provinsi di minggu terakhir Ramadan. Pasar Tani itu bukan operasi pasar, tapi secara rutin Kementan membuat Pasar Tani setiap tahun, setiap bulan Ramadan,” kata Mentan.

Kementan bekerja sama dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perusahaan penghasil 12 komoditas pangan utama Indonesia. Pasar ini menyediakan sayuran dan buah segar, daging sapi, daging ayam, beras, minyak, gula, dan produk olahan lainnya dengan harga yang lebih murah dari pasaran.

Pada Pasar Tani kali ini, minyak goreng menjadi perhatian khusus, mengingat harganya yang kurang stabil dalam beberapa waktu terakhir, imbas konflik geopolitik Rusia-Ukraina. Oleh karenanya, lewat kerja sama dengan PT Sinar Mas, Kementan dapat menjual 2 liter minyak goreng di harga Rp30.000.

Stok pangan Ibu Kota Jakarta aman

Ilustrasi : proses jual-beli daging di pasar. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Related Topics