NEWS

Libas Spanyol, Timnas Maroko Melaju ke Perempat Final Piala Dunia 2022

Timnas Maroko kibarkan bendera Palestina setelah menang.

Libas Spanyol, Timnas Maroko Melaju ke Perempat Final Piala Dunia 2022Bendera Maroko. (Pixabay/Jorono)
07 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sejarah baru terukir dalam perhelatan Turnamen Sepak Bola terbesar di dunia. Tim Nasional atau Timnas Maroko menjadi satu-satunya wakil Afrika sekaligus Timur Tengah yang berhasil lolos perempat final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Tim yang dimotori oleh Hakim Ziyech dan kawan-kawan menahan imbang tim matador Spanyol tanpa gol hingga waktu 90 menit usai, ditambah perpanjangan waktu. Maroko pun berhasil memenangkan pertandingan setelah unggul 3-0 atas Spanyol dalam drama adu penalti.

Yang menarik, bukan sekedar tim Maroko yang sebelumnya tidak diunggulkan sejak awal Piala Dunia 2022, namun juga bersatunya negara-negara di Timur Tengah dalam mendukung tim tersebut hingga akhirnya mampu mengalahkan Spanyol dan melangkah ke perempat final.

Menukil dari bola.com, seorang fans bernama Horia el-Hadad mengatakan bahwa semua negara Arab berada di belakang Maroko. "Jika Maroko bisa mengalahkan Spanyol, ini akan jadi kemenangan negara Arab dan Afrika," ujarnya seperti dikutip, Rabu (7/12).

Dukungan penuh suporter negara Arab

Achraf Hakimi saat menjadi penentu kemenangan Maroko atas Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2022.
Achraf Hakimi saat menjadi penentu kemenangan Maroko atas Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2022. (Twitter/@FIFAWorldCup)

Meskipun tak terletak di benua Asia, Maroko memiliki kedekatan sejarah dan politik dengan negara-negara Arab. Apalagi, Piala Dunia untuk pertama kalinya digelar di negara Timur Tengah, Qatar tahun ini. 

Beberapa negara-negara Arab, seperti Arab Saudi dan Tuan rumah Qatar telah gugur sejak babak penyisihan, menariknya Maroko muncul sebagai kuda hitam dna berhasil  melangkah ke babak perempat final untuk pertama kalinya.

Bahkan, seorang fans Maroko bernama Kareem al-Azzi, menyampaikan bahwa Arab adalah satu bangsa dan Piala Dunia bisa menyatukan dunia Arab, serta memperbaiki berbagai kerusakan politik. 

Bendera Palestina di Piala Dunia 2022

Ilustrasi bendera Palestina.
Ilustrasi bendera Palestina. (Pixabay/hosny_salah)

Related Topics