NEWS

Kemenkes Dorong Pengembangan Industri Farmasi Hijau

Farmasi hijau bisa jadi peluang bisnis di sektor kesehatan.

Kemenkes Dorong Pengembangan Industri Farmasi HijauIlustrasi obat herbal. (Pixabay/PhotoMIX-Company)
07 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendorong pengembangan industri Green Pharmacy atau Farmasi Hijau untuk memperkuat arsitektur kesehatan nasional maupun global.

Direktur Jenderal Farmasi dan Alat Kesehatan Kemenkes, Lucia Rizka Andalusia, mengatakan pemerintah sudah menyediakan Formularium Fitofarmaka yang diluncurkan pada semester pertama 2022 di situs permintaan. “Kami menyelaraskan upaya untuk mendukung UKM untuk mengembangkan bisnis dan pasar mereka,” ujarnya dikutip dari kanal YouTube T20 Indonesia, Rabu (7/9).

Menurut Rizka, saat ini pemerintah terus mengembangkan penelitian sampai pemanenan bahan baku, demi standar kualitas produksi farmasi hijau yang mumpuni. Selain itu, pemerintah juga sudah menyediakan dana alokasi khusus bagi pemerintah daerah untuk menggunakan produk lokal dalam pemenuhan farmasi hijau.

Tantangan yang dihadapi

Direktur Jenderal Farmasi dan Alat Kesehatan Kemenkes, Lucia Rizka Andalusia.
Direktur Jenderal Farmasi dan Alat Kesehatan Kemenkes, Lucia Rizka Andalusia. (Tangkapan layar)

Rizka menyebut, ada berbagai tantangan memang dihadapi Indonesia dalam penyediaan produk farmasi hijau, misalnya yang berupa obat-obatan herbal atau jamu. Menurutnya, dukungan keuangan sangat kurang, khususnya dalam penelitian tentang tes cepat molekuler dan pengobatan herbal.

Kemauan politik dan kapasitas untuk memantau keamanan produk, kata Rizka, juga kurang memadai. Terlebih dalam pengembangan sistem informasi, analisis, dan integrasinya ke dalam sistem kesehatan.

Hal ini menjadi ironis, karena Indonesia memiliki sekitar 143 hektare hutan tropis dengan 28.000 spesies tumbuhan, namun baru 32 ribu yang sudah dimanfaatkan. Dengan demikian, “Indonesia tetap menjadi pemain utama baru untuk farmasi hijau dengan produk jamu.”

Banyak negara mulai gunakan farmasi hijau

Ilustrasi pembuatan produk jamu. ANTARA FOTO/Irfan Anshori/hp.
Ilustrasi pembuatan produk jamu. ANTARA FOTO/Irfan Anshori/hp.

Related Topics