NEWS

Memahami Account Payable dan Penerapannya dalam Perusahaan

Account payable yang baik untuk peningkatan kinerja.

Memahami Account Payable dan Penerapannya dalam PerusahaanIlustrasi Utang/William Poter
13 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE Account payable adalah istilah yang umum diketahui dalam bidang akuntansi. Dalam sebuah perusahaan dan kegiatan bisnis, account payable diperlukan untuk mendukung aktivitas jual-beli dan utang-piutang. 

Utang-piutang adalah hal yang umum dilakukan oleh sebuah usaha untuk mendukung proses produksi, sehingga pendapatan meningkat dan berujung keuntungan perusahaan. Oleh sebab itu, seorang akuntan perusahaan perlu memahami apa itu account payable dan penggunaannya dalam kegiatan bisnis.

Untuk memahami lebih jauh tentang apa itu account payable, berikut ini Fortune Indonesia menyarikannya dari berbagai sumber.

Pengertian account payable

Ilustrasi dokumen surat utang.
Dok. Shutterstock/Ktasimar

Menurut Investopedia, account payable atau sering disingkat ‘AP’ merupakan daftar kewajiban pembayaran jangka pendek perusahaan kepada kreditur atau para pemasok. Pada neraca perusahaan, utang ini muncul sebagai kewajiban lancar.

Singkatnya, AP dikenal juga sebagai utang usaha. Beberapa contoh utang yang biasa tertera dalam kewajiban lancar, antara lain faktur pemasok, biaya hukum, pembayaran kontraktor, dan semacamnya.

Istilah ‘AP’ biasa digunakan saat perusahaan ingin membeli kebutuhannya secara kredit, atau saat perusahaan akan melakukan transaksi dengan sistem uang muka, dengan pelunasan saat barang diterima.

Pentingnya account payable

Ilustrasi uang yang meningkat
ilustrasi uang (pexels.com/Pixabay)

Related Topics